5 Aplikasi Video Call buat Silaturahmi Virtual, Cocok kali Lebaran

  • Share

Ilustrasi video call group. (Pixabay)

Hitekno.com – Hari Raya Idul Fitri 1442 H tiba hari ini, Kamis (13/5/2021), waktu yang tepat buat menjalin silaturahmi. Termasuk menggunakan aplikasi video call buat melakukan silaturahmi virtual selagi Lebaran kali ini.

Pembatasan fisik hingga larangan mudik tahun ini seharusnya tidak menghalangi untu tetap menjalin silaturahmi kali Idul Fitri 1442 H tiba.

Bakal mampu bertemu secara online, ada setidaknya 5 aplikasi video call yang mampu dengan mudah digunakan utnuk silaturahmi kali Lebaran.

Aplikasi video call yang mudah digunakan penting, terutama kali akan menggelar pertemuan online dengan orang tua yang tak begitu akrab dengan perangkat modern.

Berikut ini beberapa aplikasi video call ramah orang tua, seperti dilansir dari Suara.com:

1. WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

 

Aplikasi video call Whatsapp paling familiar bagi warganet Indonesia. Hanya saja ia memiliki kekurangan, karena hanya mampu menampung paling banyak delapan orang atau kontak dalam sekali panggilan. Bakal keluarga besar, WhatsApp boleh jadi kurang cocok.

Bakal menggunakan video call WhatsApp, pengguna hanya perlu buka chat dengan orang yang mau diajak pertemuan virtual, kemudian ketuk ikon kamera buat mulai video call.

Jikalau mau panggilan video dengan delapan orang, cara paling mudah yaitu dengan membuat grup berisi orang-orang yang mau dihubungi, kemudian ketuk ikon video call.

Cara lainnya, bukan tab panggilan atau Call, kemudian pilih ikon buat membuat panggilan baru, tambahkan kontak orang-orang yang mau dihubungi. Penerima akan mendapat notifikasi panggilan video dan cukup menggeser tombol hijau buat memulai.

2. Line

Aplikasi Line. (Line)
Aplikasi Line. (Line)

 

Aplikasi Line juga populer di mata pengguna internet Indonesia dan cukup mudah digunakan, yang mampu menampung hingga 20 orang. Panggilan video di LINE mampu dilakukan lewat grup, cukup ketuk ikon telepon, kemudian pilih video call buat memulai pertemuan.

Jikalau tidak punya grup, kunjungi tab obrolan atau chat, ketuk ikon kamera video di layar atas. Ketuk undang atau invite buat memasukkan kontak yang mau diajak Lebaran virtual. Jikalau telah, ketuk “start” buat memulai panggilan video.

3. Google Meet

Logo Google Meet. (Google)
Logo Google Meet. (Google)

 

Platform konferensi video dari Google ini sebenarnya sering digunakan buat rapat virtual atau sekolah online, namun, cukup mudah digunakan sehingga cocok juga buat pertemuan virtual kali Lebaran nanti.

Google Meet amat cocok digunakan kalau mau Lebaran virtual dengan keluarga besar karena mampu menampung hingga 100 peserta. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, hingga Juni nanti, pengguna akun gratis mampu menggunakan Meet selagi 60 menit per pertemuan.

Google Meet terasa mudah digunakan terutama oleh pengguna Android karena kini terintegrasi dengan Gmail. Cukup buka akun Gmail dan pilih “Meet” di bagian kanan bawah layar, kemudian ketuk “New Meeting” buat membuat pertemuan baru.

Bagikan tautan pertemuan lewat aplikasi pesan instan, penerima cukup mengetuk tautan tersebut atau buka Gmail, pilih Meet kemudian masukkan kode pertemuan.

4. Google Duo

Google Duo. (Shutterstock)
Google Duo. (Shutterstock)

 

Aplikasi bawaan dari Google Android ini juga mampu dimanfaatkan buat silaturahmi kali Lebaran nanti, meski pun peserta tidak sebanyak Google Meet. Google Duo mampu digunakan buat pertemuan virtual berisi maksimal 32 orang, syaratnya, setiap orang telah memasang aplikasi ini di ponsel.

Ketuk create group buat membuat grup konferensi video, kemudian tambahkan kontak orang-orang yang mau diajak panggilan video. Aplikasi Google Duo dilengkapi dengan berbagai fitur buat menambah keseruan kali berkomunikasi, salah satunya filter berbasis augmented reality.

5. FaceTime

Ilustrasi video call. (Pixabay)
Ilustrasi video call. (Pixabay)

 

Aplikasi FaceTime hanya tersedia buat pengguna perangkat Apple, yakni iPhone, iPad, Mac dan MacBook. Buka aplikasi FaceTime dan cari kontak orang yang mau dihubungi, kemudian ketuk ikon kamera buat mulai panggilan video.

Itulah lima aplikasi video call yang mampu digunakan buat silaturahmi virtual, cocok buat momen lebaran kali ini. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *