One Piece: Haki Luffy Kini Setara Gol D. Roger?

  • Share

Di akhir cerita chapter 1010 kemarin, kita melihat sesuatu yang luar biasa. Luffy kembali bangkit setelah tidak sadarkan diri, dan yang luar biasa adalah sepertinya keadaan sekarang sudah berbalik. Luffy sudah mengetahui rahasia Kaido, tentang Conqueror Haki yang dia gunakan sebagai pertahanan diri. Dan akhirnya kita melihat bagaimana Luffy menggunakan hal yang sama untuk menyerang Kaido.

Selama ini kita mengetahui bahwa hanya Armament Haki yang bisa melakukan hal tersebut. Berbagai tingkatan Armament Haki membuat penggunanya bisa mengeraskan bagian tubuh atau melapisi senjata yang mereka gunakan. Bahkan, mereka juga bisa menghancurkan benda dari dalam. Namun, di chapter 1010 kemarin kita melihat Luffy, mengenakan teknik Conqueror Haki untuk menghajar Kaido.

Dalam momen tersebut adalah kita melihat semacam kilat di sekitar Luffy sesaat sebelum menghajar Kaido. Peristiwa tersebut seolah mengingatkan kita pada peristiwa pertarungan Whitebeard dan Roger dulu, seperti diperlihatkan dalam flashback Kozuki Oden. Pada saat itu Conqueror Haki mereka saling beradu, meskipun kedua pedang mereka tidak saling bersentuhkan.

One Piece on Twitter: "Roger vs Whitebeard… "Kilat hitam terlihat begitu jelas beradu di depan mata mereka. Melihat hal tersebut, muncul sebuah pertanyaan apakah artinya kemampuan Conqueror Haki Luffy sudah setara dengan Roger? Secara singkat, jawabannya adalah ya. Seperti yang kita ketahui, semenjak time-skip selama dua tahun di Rusukaina, semua kru Topi Jerami mengalami peningkatan kekuatan.

Dan yang paling signifikan perubahannya tentu adalah Monkey D. Luffy. Luffy mempelajari Haki bersama Rayleigh. Luffy sendiri sebenarnya sudah memperlihatkan berbagai tanda bahwa dia memang memiliki kemampuan Haki, khususnya Conqueror Haki. Namun, dulu Luffy tidak menyadarinya. Barulah Rayleigh mengajari Luffy setelah Ace tewas.

Bukan hanya Conqueror Haki, Rayleigh juga mengajarkan dua teknik Haki lainnya. Namun, memang yang paling signifikan adalah Conqueror Haki. Salah satu momen paling epik dari Conqueror Haki Luffy adalah ketika dia menghabisi 50.000 pasukan Hody Jones dalam waktu singkat. Saat itu, hampir semua orang disana dibuat takjub dengan kemampuan Haki dari Luffy.

Dan sekarang, Luffy kembali membuktikan bagaimana dia mengalami peningkatan selama berada di Wano. Sebenarnya, masih belum diketahui apakah Luffy juga mempelajari teknik Conqueror Haki bersama Hyogoro. Karena, sejauh ini yang diperlihatkan di ceritanya Luffy mempelajari Ryou untuk menghancurkan benda dari dalam. Namun, apakah Ryou juga mempengaruhi kemampuan Conqueror Haki Luffy? Bisa jadi.

one-piece-1010-15Sampai sejauh ini, memang belum ada penjelasan jelas mengenai sampai sejauh mana batas Conqueror Haki. Dan baru sedikit juga Oda menyampaikan hal yang berkaitan dengan Haki tersebut. Para fans sendiri hanya bisa berspekulasi mengenai apa yang terjadi ketika dua Conqueror Haki saling beradu. Tapi, bisa disimpulkan bahwa yang dilakukan Luffy – dan Roger serta Whitebeard – adalah tingkatan tertinggi dari Conqueror Haki.

Seperti yang diungkapkan Kaido, hanya orang-orang tertentu – atau orang yang hebat saja yang bisa melakukannya. Roger, Whitebeard, Kaido adalah orang-orang yang diakui kehebatan dan kekuatannya. Dan sekarang, Luffy sendiri berhasil melakukan hal yang sama dengan mereka. Apa artinya? Artinya kekuatan Conqueror Haki Luffy sudah bisa disetarakan dengan mereka.

Ini tentunya bisa menjadi jalan atau cara bagi Luffy untuk kemudian bisa mengalahkan Kaido. Namun, tentunya Kaido tidak akan tinggal diam saat melihat situasi semacam ini. Apakah artinya Luffy pada akhirnya akan berhasil mengalahkan Kaido? Atau Kaido akan menunjukan kemampuannya yang lain? Yang pasti, pertarungan Luffy dan Kaido akan benar-benar sangat epik.

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *