Bagaimana Cara Doctor Octopus Tampil di Spider-Man 3?

  • Share

Alfred Molina baru-baru ini dipastikan akan kembali sebagai Doctor Octopus di Spider-Man: No Way Home. Sebelumnya telah banyak rumor dan berita yang mengatakan bahwa nanti Spider-Man: No Way Home akan mengambil konsep cerita multiverse. Alfred Molina tidak terlalu khawatir akan teguran dari pihak Marvel, karena mengungkapkan kabar perihal kembali dirinya sebagai Doctor Octopus, karena dia pikir teori itu telah tersebar secara online.

Alfred Molina memerankan Doctor Octopus yang sama seperti yang dia perankan sebelumnya di film Spider-Man 2. Namun masih belum dipastikan bagaimana karakternya dapat selamat dari kematian di akhir cerita. Telah 17 tahun sejak kejadian di Spider-Man 2, tetapi karakter Molina tersebut tidak akan menua, akan diceritakan bahwa tidak ada waktu yang berlalu sejak Doctor Octopus tenggelam. Sepertinya Spider-Man: No Way Home akan mengambil kisah langsung Doctor Octopus kali terakhir kali melakukan eksperimen gagal yang mengancam seluruh kota New York. Seperti yang dikatakan sutradara Jon Watts sebagai sutradara Spider-Man: No Way Home, “Di universe ini, tidak ada yang benar-benar mati.”

Kabar teori tersebut cukup menarik perhatian dan menjadi kontroversi. Spider-Man 2 dianggap sebagai salah satu film superhero terbaik yang pernah dibuat, sebagian besar dikarenakan alur cerita dan karakter yang luar biasa dari Doctor Octopus. Pengorbanan heroiknya menjadi momen penebusan yang keren. Kali itu diperlihatkan bahwa Otto Octavius dapat melawan kegelapan batinnya dan pengaruh buruk dari lengan robot menyeramkan yang dipasangkan ke tubuhnya.

Dengan membawa kembali karakter Doctor Octopus nanti di Spider-Man: No Way Home, Marvel berisiko akan membatalkan pengorbanan heroik di akhir cerita film Spider-Man 2. Tetapi memang di akhir cerita Spider-Man 2 tidak diperlihatkan jasad Doctor Octopus tengah dia mati, hanya tenggelam ke dasar lautan dan menghilang. Jadi, sepertinya Marvel tidak akan membuat kesalahan dengan teori kembalinya Doctor Octopus nanti.

Terus bagaimana Doctor Octopus dapat selamat? Doctor Octopus di Spider-Man 2 yakni seorang ahli fusi nuklir dan diceritakan bahwa dia melakukan eksperimen bakal membuat reaktor fusi pertama di dunia. Sayangnya, reaktor fusinya tiba-tiba berubah menjadi miniatur lubang hitam, menghancurkan laboratoriumnya dan membunuh istrinya.

Tidak berhenti disitu, sehabis pikirannya menjadi jahat akibat kegelapan hati dan terkontaminasi lengan robot buatannya, Otto membuat kembali reaktor yang lebih besar dan mengancam keselamatan kota New York, bahkan bumi. Sesudah bertarung, Spider-Man membujuk Doctor Octopus bakal melawan kegelapan hatinya. Ilmuwan tersebut akhirnya tersadar dan mempunyai ide bakal menenggelamkan reaktor, dia mengorbankan dirinya bakal menyelamatkan kota New York

Reaktor fusi yang dia tenggelamkan dapat saja menjadi kunci alasan Doctor Octopus masih hidup. Di dunia nyata, banyak ilmuwan berpendapat bahwa kelihatannya lubang hitam dapat membawa seseorang melintasi ruang dan waktu. Teori ini dikemukakan oleh para ilmuwan terkemuka, salah satunya Stephen Hawking, yang mengatakan dalam pidatonya pada tahun 2015. “Lubang hitam bukanlah penjara abadi,” katanya. “Tengah merasa terjebak dalam lubang hitam, jangan pernah menyerah. Pasti ada jalan keluar.”

Teori-teori ilmiah yang paling kompleks dan canggih dapat menjadi dasar pembuatan cerita film-film Hollywood, khususnya film pahlawan super. Faktanya, Marvel punya sejarah bekerja sama dengan ahli kuantum fisika, merekrut beberapa orang sebagai penasihat di film Doctor Strange. Jadi, dapat dengan mudah Marvel membuat kisah Doctor Octopus selamat dari reaktornya. Daripada karakternya diceritakan mati, dia dapat saja diceritakan melintasi ruang dan waktu, akhirnya muncul di MCU pada tahun 2024.

Masih ambigu bagaimana karakternya nanti kali kembali di MCU, menjadi sekutu Spider-Man atau malah menjadi lawan yang mengerikan. Terakhir kali, tubuh Doctor Octopus masih terikat dengan lengan robot menyeramkan yang memengaruhi pikirannya, tetapi di momen terakhir diperlihatkan dia mampu mengontrol lengan robotiknya tersebut. Dalam komik Marvel modern, Doctor Octopus pernah digambarkan sebagai pahlawan super.

Diceritakan dia selamat dari kematian dan memiliki tubuh Spider-Man bakal sementara waktu, darisitu dia belajar bahwa ‘with great power must come great responsibility’. Dia masih arogan dan egois, masih merasa yakin bahwa dia yakni ahli sains terbaik di dunia, tetapi dia memiliki kode moral seperti Spider-Man.

Sungguh boleh jadi nanti di Spider-Man: No Way Home, dia akan digambarkan seperti dalam komik modern Marvel, menjadi karakter yang berjuang bakal melakukan kebaikan meskipun ada bayangan gelap yang mendorongnya melakukan kejahatan. Jadi, daripada mengesampingkan perjalanan karakter Doctor Octopus di Spider-Man 2, sepertinya nanti akan menjadi lebih seru di Spider-Man: No Way Home karena karakternya akan menjadi lebih sempurna.

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *