Review Film The Lion King (2019): Nostalgia Berujung Kecewa?

  • Share

Film The Lion King hasil remake atau pembuatan ulang ke bentuk animasi live action sudah dapat disaksikan oleh pecinta film Disney di tanah air. Bagi yang sudah menyaksikan versi animasi tahun 1994 pasti sangat penasaran dengan remake ini. Film yang memberikan banyak pesan moral ini disutradarai oleh Jon Favreau dengan deretan pengisi suara yang tidak asing lagi seperti Donald Glover, Seth Rogen, Chiwetel Ejiofor, John Oliver, Keegan Key, Beyonce Knowles, dan James Earl Jones.

Sinopsis film The Lion King

Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang singa kecil bernama Simba anak dari raja Mufasa dan ratu Sarabi di Pride Lands. Simba kelak akan menjadi raja selanjutnya menggantikan Raja Mufasa. Semua penghuni Pride Lands sangat bahagia menyambut kelahiran Simba kecuali saudara laki-laki dari raja Mufasa yaitu Scar. Scar memiliki rangkaian rencana licik untuk merebut takhta sebagai raja.

Kualitas CGI jadi penghalang

Tidak perlu diragukan, kualitas dari CGI (Computer Generated Imagery) dari film ini sangat mengesankan. Remake ini berhasil memvisualisasikan film The Lion King tahun 1994 ke dalam bentuk animasi live action. Kehidupan di Pride Lands mulai dari matahari terbit, hewan-hewan mencari makan, daun-daun yang tertiup angin, hewan-hewan berlarian, serta air yang tenang berhasil diwujudkan dengan CGI yang terlihat nyata dalam sinematografi apik karya Caleb Deschanel yang sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan.

Namun sayangnya, kualitas CGI yang sempurna ini menjadi bumerang bagi kualitas karakter. Ekspresi para hewan tidak terlihat terlalu dalam. Penonton kurang dapat menikmati atau merasakan tiap emosi yang ditawarkan oleh para karakter. Dalam film ini kita akan melihat tiap hewan hanya seperti “cuap-cuap” yang berakibat banyak momen haru, pilu, bahagia, hingga konyol tidak tersampaikan dengan baik ke penonton.

review film the lion king 2019

Tidak ada surprise dalam alur cerita

Bagi yang sudah sangat familier dengan cerita The Lion King, maka tidak akan mendapatkan kejutan besar dari sisi jalan cerita. Untungnya, kita masih terhibur dengan lagu-lagu ikonis film ini.

Magis dari lagu Circle of Life masih terasa. Kemudian lagu Hakuna Matata versi Donald Glover, Set Rogen dan Billy mampu memecah tawa penonton. Yang menambah spesial dalam film ini, untuk lagu Can’t You Feel the Love Tonight dinyanyikan oleh Donald Glover dan Beyonce Knowles dengan improvisasi. Lalu, Beyonce memberikan lagu tambahan berjudul Spirit.

Suara karakter diisi oleh deretan bintang

Pemilihan pengisi suara untuk film ini memang perlu diperhatikan karena mereka akan memberikan jiwa pada karkater. Memang CGI-nya lemah dalam menyajikan emosi dalam mimik tiap karakter, namun para pengisi suara memberikan yang terbaik.

Donald Grover yang sudah beberapa kali membintangi film animasi mengisi suara untuk karakter Simba. Sosok yang bijaksana dan tak tergantikan berhasil dibawakan oleh James Earl Jones untuk karakter Musafa. Suara emas Beyonce Knowles mengisi suara karakter Nala yang meninggalkan kesan khas. Karakter antagonis Scar disuarakan oleh Chiwetel Ejiofor, yang berhasil memberikan kesan bengis. Aktor senior Alfre Woodard sebagai Sarabi.

Karakter Pumbaa dan Timon yang mencuri perhatian berhasil disuarakan oleh duet komedian Seth Rogen dan Billy Eichner. Rafiki yang seekor monyet/mandril disuarakan oleh aktor dari Afrika Selatan yaitu John Kani. Lalu karakter Zazu seorang asisten raja yang konyol juga dibawakan dengan apik oleh komedian John Oliver.

review film the lion king 2019
Via IMDb

Kesimpulan

Film The Lion King menjadi bukti bahwa tidak mudah membuat film yang lebih baik dari versi orisinalnya. Apalagi The Lion King tahun 1994 termasuk dalam salah satu film animasi yang tak tergantikan. Namun film live action ini masih sangat layak untuk ditonton dan cocok menjadi film pilihan keluarga karena penuh dengan pesan moral yang bagus. Untuk fans, film ini juga bisa menjawab kerinduan pada film tercinta.

The Lion King masih tayang di bioskop. Selamat menonton!

Rating: 3/5

Genre: Animation, Adventure, Drama

Sutradara: Jon Favreau

Penulis: Jeff Nathanson (screenplay by), Brenda Chapman (story)

Bintang: Donald GloverBeyoncéSeth Rogen 

Review Overview

Summary

Visual memukau film The Lion King menjadi bumerang karena kurang mampu menyampaikan emosi para karakter. Namun film ini masih mampu menghibur lewat lagu-lagu ikonisnya, penampilan para pengisi suara, dan pesan moral yang bagus.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *