Dimensi Alternatif Marvel: Marvel Cinematic Multiverse atau Tipuan Mysterio?

  • Share

Apakah Spider-Man: Far from Home akan menjadi pintu bagi multiverse semesta Marvel?

Trailer Spider-Man: Far from Home yang baru saja diluncurkan mampu membuka tabir baru, ialah multiverse dalam Marvel Cinematic Multiverse. Dengan begitu, Marvel mampu lebih leluasa buat memperkenalkan karakter baru atau bahkan membawa kembali karakter yang telah mati dalam semesta Marvel.

Dalam trailernya, Spider-Man: Far from Home akan melanjutkan cerita langsung sehabis Avengers: Endgame. Dengan sebagian Avengers meninggal, Nick Fury akhirnya membawa Peter Parker buat bekerja sama dengan Quentin Beck (Jake Gyllenhaal), pahlawan baru dengan kemampuan magis buat menghentikan The Elementals.

Milles Morales Spider-Man
via Marvel

Bagi dunia Spider-Man sendiri, Marvel Cinematic Multiverse akan membuka kelihatannya karakter Manusia Laba-Laba lainnya ke MCU. Entah Spider-Gwen atau bahkan Miles Morales yang mendapatkan banyak perhatian sehabis Spider-Man: Into the Spider Verse memenangkan piala Oscar buat Animasi Terbaik. Apakah akan lebih banyak Spider-Man pada semesta MCU selanjutnya? Mampu saja.

Mengingat Sony masih memegang hak film Spider-Man dan berbagai karakter di dalamnya, boleh jadi hal ini mampu diwujudkan tetapi tentu saja dengan berbagai deal rumit antara Marvel Studios dengan Sony. Seperti saat menghadirkan Tom Hollan sebagai Spider-Man dalam MCU.

Multiverse hanyalah tipuan Mysterio

Tetapi mampu saja masalah multiverse hanyalah tipuan Mysterio belaka. Keyakinan Nick Fury terhadap latar belakang Mysterio dalam Spider-Man: Far from Home mampu jadi hanya kebohongan Mysterio.

Kalau membandingkan Mysterio versi MCU dengan versi komiknya, ada perbedaan yang mencolok. Dalam film Far from Home, Mysterio ditampilkan sebagai karakter penyihir kuat yang datang dari dimensi alternatif. Sedangkan karakter aslinya yang berasal dari komik Spider-Man klasik sungguhlah berbeda.

Mysterio dalam Spider-Man: Far from Home
via Marvel

Dalam cerita komiknya, Mysterio hanyalah seorang penipu.
Seorang pembohong, penjahat kecil yang menggunakan efek visual berupa teknologi
dan ilusi kompleks buat menciptakan “kekuatan super”. Ia ialah tipe penjahat
yang menggunakan asap dan cermin buat melakukan kejahatan, menciptakan
peristiwa supernatural yang rumit dan palsu buat merampok bank.

Jadi, walaupun amat boleh jadi bahwa versi MCU dari Mysterio mengungkapkan latar belakang baru dari karakter tersebut, tetap ada kelihatannya kebohongan “multiverse” dan ia ialah penjahat sebenarnya. Menciptakan serangkaian kebohongan dan menggunakan Infinity War serta Endgame sebagai latar belakang yang rumit merupakan cara yang menarik buat menampilkan sisi “penipu” dari Mysterio.

Meskipun begitu, Far from Home ialah kedua kalinya Marvel Cinematic Universe menyebut konsep multiverse. Bagi yang telah menonton Avengers: Endgame, pertemuan Bruce Banner dan the Ancient One pada pertempuran di New York pernah membahas akibat dari hilangnya Infinity Stone. Dan dalam Doctor Strange kita mendengar: “siapakah kamu di multiverse yang luas ini, Mr. Strange?”

Dr. Strange dan The Ancient One untuk Marvel Cinematic Multiverse
via Marvel

Mengingat Loki membawa kabur Tesseract dan menciptakan perubahan pada masa berlanjut, ada banyak kelihatannya bagaimana Marvel melanjutkan narasi MCU ke depannya. Namun apakah Marvel Cinematic Multiverse akan diperkenalkan, semua itu baru akan terjawab di Spider-Man: Far from Home yang akan tayang 5 Juli mendatang.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *