Boruto: Teknologi Ninja, Bencana Atau Berkah?

  • Share

Seri Boruto: Naruto Next generation memperlihatkan kepada para fans mengenai kemajuan desa Konoha. Konoha sudah bukan lagi desa ninja yang dulu, dimana teknologi dan modernisasi serta industrialisasi sudah merubah semua tatanan hidup di desa tersebut. Bukan hanya kehidupan sehari-hari, kemajuan teknologi ini juga nyatanya memiliki pengaruh besar terhadap para shinobi.

Para shinobi Konoha kini bisa menggunakan teknologi untuk membantu mereka dalam menjalankan tugas. Meskipun kemajuan teknologi ini memunculkan pro dan kontra – misalnya dengan adanya teknologi akan membuat para shinobi melupakan ninjutsu – namun kemajuan teknologi ini nyatanya memang memberikan pengaruh besar terhadap apa yang terjadi di universe Boruto.

Peralatan canggih ninja atau Scientific Ninja Tools, merupakan benda-benda shinobi yang menggabungkan kedua unsur, ninjutsu dan teknologi. Semua peralatan ini dikembangkan oleh Scientific Ninja Weapons Team atau tim senjata ilmiah ninja di Konoha. Katasuke Touno, merupakan pemimpin dari divisi ini. Dia merupakan salah satu karakter baru dalam serinya.

CBR.com

Ada empat jenis utama dalam peralatan modern ninja ini. Pertama adalah jenis bionik, penguat (amplification), condenser, dan juga jenis yang memiliki teknologi paling canggih. Jenis Condenser membuat pengguna alatnya bisa melakukan berbagai macam jenis jutsu tanpa harus menggunakan chakra milik mereka. Yang mereka butuhkan adalah gulungan kecil dalam kotaknya (cartridge) yang mana di dalamnya sudah tersimpan formula dari jutsu tersebut dan juga energi.

Alat ini diperbolehkan untuk digunakan untuk para shinobi yang memang tidak memiliki kemampuan ninjutsu, seperti halnya Rock Lee. Hal ini membuat Lee bisa menggunakan ninjutsu tanpa harus berlatih. Sementara untuk yang jenis bionik, contoh nyatanya adalah lengan buatan yang terdapat di lengan Naruto dan juga Kawaki. Meskipun itu lengan buatan, terdapat jalur nadi chakra buatan di lengan tersebut.

Reddit.com

Untuk jenis amplification, sesuai dengan namanya, alat ini akan semakin memperkuat dan memperbesar serangan dan kemampuan si pengguna. Dengan menggunakan alat ini, karena dianggap sebagai serangan fisik, tidak akan bisa diserap oleh jutsu lain atau ditahan serangannya. Untuk yang jenis teknologi modern, sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan senjata ninja pada umumnya.

Bedanya, senjata tersebut sudah mengalami peningkatan kualitas. Misalnya kunai yang terbuat dari keramik, kostum yang tahan serangan jarak dekat, dan sebagainya. Dengan kemajuan teknologi ninja ini, membuat para masyarakat biasa memiliki kesempatan yang sama dengan para shinobi yang terlatih. Namun, masalah lainnya adalah selalu ada teknologi yang jauh lebih baik. Dalam hal ini, teknologi Kara jauh lebih modern dan canggih dibandingkan milik Konoha.

Contohnya, Kara menciptakan semacam boneka yang bisa dikendalikan. Namun, boneka tersebut tidak perlu menggunakan orang yang mengendalikan bonekanya. Mereka hanya perlu mengendalikannya di tempat lain. Dan bonekanya pun sudah sangat modern, yaitu android. Meskipun peralatan modern ninja ini menambahkan elemen baru terhadap ceritanya, seperti dijelaskan di atas, ada pro kontra yang muncul di kalangan fans. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah benda modern ini membantu para shinobi atau justru menghilangkan ciri khas seorang ninja? (Featured Image: technopedia-news.blogspot.com)

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *