Mengenal Sosok Carol Danvers, Wanita yang Menjadi Captain Marvel

  • Share

Dirilisnya beberapa foto first look dari Captain Marvel oleh Entertainment Weekly pastinya membuat para fans tidak sabar bakal menyaksikan aksi Carol Danvers sebagai Captain Marvel. Namun kalau kamu belum begitu mengenal sosok Carol Danvers, Mariviu sudah merangkum beberapa hal menarik perihal Carol Danvers.

1. Memiliki ayah yang kolot

Carol lahir sebagai anak tertua dari tiga bersaudara. Sebagai wanita, ia senantiasa berjuang sekuat tenaga biar dipandang setara oleh ayahnya dengan dua adik laki-lakinya. Walaupun begitu, ayahnya ialah orang tua yang menganggap wanita tidak setara dengan pria. Bahkan sang ayah hanya mengirim anak keduanya, Steve, bakal sekolah ke Universitas walaupun Carol memiliki nilai yang lebih tinggi.

2. Cita-cita menjadi astronot

Carol ialah gadis yang suka membaca punya cita-cita menjadi seorang astronot biar dapat menjelajahi planet-planet yang jauh. Kesungguhannya terhadap cita-citanya terlihat selagi ia senantiasa pergi ke tanjung Canaveral bakal melihat peluncuran roket luar angkasa.

3. Tetap berbahaya walaupun tanpa kekuatan super

carol danvers captain marvel

Brie Larson sebagai Carol Danvers, Via Entertainment Weekly

Sebelum mendapatkan kekuatan supernya, Carol pernah bekerja di Air Force dan CIA. Dengan kerja kerasnya, karirnya naik dengan cepat. Ia muncul sebagai seorang pilot jet tempur yang handal. Sepanjang di CIA ia pernah bekerja sama dengan Nick Fury, Logan, dan berhadapan dengan Sabertooth. Jadi, walaupun ia belum memiliki kekuatan super, ia memiliki kemampuan dalam menghadapi pengguna kekuatan super.

4. Mendapatkan kekuatan super

Sehabis bekerja di CIA, Carol kemudian bekerja dengan NASA yang kemudian mengubah takdirnya dari seorang manusia menjadi pahlawan super terkuat di semesta Marvel. Dalam suatu waktu, ia membantu Mar-Vell atau Captain Marvel pertama bakal melawan Yon Rogg. Dalam pertempuran itu, Carol terkena radiasi mematikan dari alat yang dapat mengubah imajinasi menjadi realita, Psyche-Megatron.

Mar-Vell yang berusaha menyelamatkan Carol secara tidak sengaja membuat DNA manusia Carol bercampur dengan DNA bangsa Kree yang dimiliki Mar-Vell. Psyche-Megatron juga mengabulkan imajinasi Carol yang hendak memiliki kekuatan super seperti Mar-Vell. Akibatnya, ia pun mendapatkan kekuatan super yang sungguh dahsyat.

5. Sebelum memakai nama “Captain Marvel”

Sehabis mendapatkan kekuatan supernya, Carol tidak serta merta menjadi Captain Marvel. Ia terlebih dahulu memakai nama Ms. Marvel dan bekerja sama dengan Mar-Vell. Sepanjang menjadi Ms. Marvel, ia pernah berhadapan dengan Marcus Immortus, Mistique hingga Rogue. Kala behadapan dengan Rogue, Carol kehilangan kekuatan dan ingatannya akibat diserap oleh Rogue.

caron danvers ms marvel

Carol Danvers sebagai Ms. Marvel Via Marvel Wikia

Sehabis terbiasa hidup tanpa kekuatan, Carol ditangkap oleh The Brood yang hendak mendapatkan struktur genetika setengah manusia setengah Kree miliknya. Sehabis diselamatkan oleh Logan, ternyata percobaan The Brood membangkitkan kekuatan baru Carol Danvers. Lewat mutasi kosmik, ia memiliki kekuatan yang disebut binary. Ia pun kembali menjadi pahawan super dengan nama Binary.

6. Menjadi Captain Marvel

Kala menjadi Binary, Carol ikut menyelamatkan bumi bersama Quasar. Dalam pertempuran ini, ia mengalami luka parah dan kehilangan kekuatan Binary-nya. Untungnya kekuatan aslinya masih tertinggal dalam dirinya. Mar-Vell kemudian memintanya bakal memakai nama Captain Marvel. Sempat menolak, Carol akhirnya mau memakai nama Captain Marvel berkat saran teman dekatnya Helen Cobb.

7. Kekuatan Captain Marvel

Carol memiliki beragam kekuatan yang membuatnya menjadi superhero terkuat di semesta Marvel. Ia memiliki kekuatan, stamina, hingga daya tahan super. Kulitnya mampu menahan tembakan peluru kaliber tinggi atau ledakan energi yang kuat. Carol juga memiliki kecepatan dan refleks super. Layaknya Superman, Carol mampu terbang hingga ke luar angkasa. DNA setengah Kree-nya membuatnya imun dari segala jenis racun.

carol danvers film captain marvel

Via Marvel Wikia

Ia mampu mengeluarkan ledakan energi Photon dari kedua tangannya. Tubuhnya yang istimewa mampu menyerap energi yang kemudian dapat dimanfaatkan bakal meningkatkan kemampuan fisik, meningkatkan regenerasi sel, dan mengubah molekul pakaiannya menjadi bentuk kostum sueperhero yang ia pakai.

Salah satu kekuatan unik dari seorang Carol Danvers ialah kemampuan yang disebut Flash Precognition, Cosmic Awareness, atau Hyper-Cosmic Awareness. Kekuatan ini membuatnya dapat memprediksi serangan musuh. Hanya saja kekuatan ini tidak dapat diaktifkan sesuai kehendaknya.

8. Skill Carol Danvers

Pengalamannya di Air Force dan CIA memberikannya skill yang dapat membantunya menghadapi musuh walaupun tanpa kekuatan super. Ia sungguh terlatih dalam pertarungan tangan kosong maupun dengan senjata. Carol juga sungguh berbakat sebagai mata-mata. Ia juga merupakan salah satu pilot yang terbaik di Air Force yang bahkan dapat menerbangkan berbagai pesawat luar angkasa milik alien.

Carol yang lancar berbahasa Inggris, Rusia, Kree, Shi’ar, dan beberapa bahasa bumi yang tidak diketahui juga memiliki bakat jurnalistik yang sungguh baik. Ia pernah menjadi penulis dan editor dari beberapa majalah, salah satunya Woman Magazine.

Secara sekilas boleh jadi Carol dapat dibilang Superman-nya semesta Marvel. Namun tetap ia memiliki ciri khas tersendiri sebagai karakter pahlawan super di komik.

Sampai sekarang masih belum diketahui storyline komik mana yang akan dipakai bakal film Captain Marvel. Yang jelas, kita akan kembali ke tahun 1990-an bakal menyaksikan lahirnya pahlawan super pertama di semesta Marvel.

Film Captain Marvel direncanakan akan tayang di bulan Maret tahun 2019.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *