One Piece: Ini Inspirasi Oda Ciptakan Kru Topi Jerami?

  • Share

Dalam cerita One Piece, Eiichiro Oda selaku kreator dari serinya memang sering kali menghadirkan berbagai referensi ke dalam ceritanya. Referensi tersebut bisa merupakan budaya dari Jepang atau keagamaan, seperti Hindu dan Buddha. Hal ini memang tidak aneh, mengingat di Jepang penganut kedua agama tersebut memang banyak. Dan dengan banyaknya referensi tersebut banyak dari para fans yang berspekulasi.

Mereka berspekulasi bahwa Oda Sensei bisa jadi terinspirasi dari berbagai karakter-karakter mitologi yang ada untuk kemudian diaplikasikan ke dalam desain karakter dalam cerita One Piece, khususnya kru Topi Jerami. Salah satunya adalah teori yang disebutkan oleh GreenLanturn73 dimana menurutnya para karakter dari kru Topi Jerami kemungkinan terinspirasi dari berbagai karakter mitologi yang ada di berbagai agama.

Monkey D. Luffy

hu.ign.com

Contoh pertama adalah Monkey D. Luffy. Menurut teorinya Luffy terinspirasi dari sosok raja kera populer, Sun Wu Kong. Raja kera ini memang dikenal dalam ajaran agama Buddha, dimana dia adalah sosok karakter yang gemar memberontak dan selalu berbuat onar. Dia juga adalah karakter yang banyak ditakuti oleh lawan. Jika dipehatikan memang hal ini bisa dilihat dari semua sifat dan kepribadian Luffy.

Roronoa Zoro

Kemudian Zoro yang diyakini terinspirasi dari sosok Asura. Asura adalah sosok mitologi dalam ajaran Hindu, dimana sosoknya memiliki tiga wajah dan enam lengan. Mereka adalah sosok yang sangat kuat dan haus akan kekuatan. Dan hal ini juga bisa dilihat dari sosok seorang Zoro. Zoro selalu berlatih dengan giat agar dia bisa menjadi ahli pedang nomor satu di dunia.

Yokai.com

Yang juga menarik adalah salah satu metode andalannya, yang paling kuat adalah Asura Ichibugin, dimana Zoro berubah menjadi sosok Asura di mata musuh. Musuh akan melihat Zoro memiliki enam lengan dan sembilan pedang serta tiga wajah. Hal ini pernah dipraktikan saat pertarungan melawan kaku.

Sanji Vinsmoke

Aminoapps.com

Kemudian Sanji dispekulasikan terinspirasi dari sosok setan/iblis. Hal ini diketahui dari teknik bertarung yang dia gunakan yaitu ‘Diable Jambe.’ Diable atau Diablo sendiri bisa diartikan sebagai setan/iblis. Selain serangan kakinya yang berkaitan dengan nama iblis, serangan Diable Jambe ini juga mengeluarkan panas yang luar biasa. Dan seperti yang diketahui, setan atau iblis merupakan penghuni neraka yang penuh dengan api. Jadi, rasanya memang koneksi antara Sanji dan iblis ini memang kuat.

Usopp

Usopp disebutkan mirip dengan sosok yang bernama The Deceiver atau sang penipu. Sosok ini diketahui mirip dengan sang iblis meskipun terkadang juga dilihat sebagai sosok yang berbeda. Sosok The Deceiver dikenal sebagai dewa atau tuhan palsu dalam ajaran Yudaisme. Dan jika dilihat rasanya memang Usopp bisa dianggap cocok atau sesuai dengan sosok ini.

haikudeck.com

Seperti yang kita ketahui, Usopp selalu bercerita tentang banyak hal kepada orang lain. Namun, sayangnya hampir semua ucapan yang dia ungkapkan tersebut adalah palsu atau tidak nyata. Usopp juga sering kali menganggap dirinya dewa atau tuhan, meskipun untuk masalah kemampuan dia jauh dibandingkan Luffy atau Zoro dan Sanji. Usopp juga sangat pandai bermain peran.

Nico Robin

Theguardian.com

Nico Robin dianggap mirip seperti sosok Hawa. Seperti yang diketahui, Adam dan Hawa diciptakan oleh tuhan di surga, sebelum kemudian iblis berhasil menghasut Hawa untuk memakan buah terlarang, yaitu buah pengetahuan. Dalam cerita One Piece sendiri, Robin dikenal sebagai sosok yang cerdas. Dia mengetahui banyak hal tentang sejarah. Dia juga melakukan hal yang terlarang oleh para “dewa” yaitu mencari tahu tentang rahasia Poneglyph. Yang menarik juga adalah Robin dijuluki sebagai “iblis dari Ohara.”

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *