Mengulik Sejarah Rodan di Godzilla Singular Point!

  • Share

Teaser trailer yang dirilis bakal anime terbaru di platform streaming Netflix, Godzilla: Singular Point, banyak mendapatkan sambutan positif dari para pecinta anime dan juga para penggemar monster. Salah satu alasan utamanya yaitu jumlah kaiju atau monster yang dihadirkan dalam teasernya benar-benar cukup banyak. Salah satu yang juga muncul dalam teaser tersebut yaitu Rodan.

Rodan sendiri merupakan kaiju legendaris yang berbentuk seperti Pteranodon.  Rodan sendiri merupakan salah satu kaiju yang muncul di awal-awal kemunculan Godzilla. Terus, apa dan siapa sebenarnya Rodan? Berikut yaitu penjelasan tentang berbagai hal mengenai Rodan.

Apa dan Siapa Rodan

Rodan sendiri pertama kali muncul dalam film Rodan yang dirilis pada 1956. Dalam filmnya, Rodan diperlihatkan berhasil menghancurkan berbagai kota-kota di dunia, sehabis menetas dari telurnya yang tersembunyi di bawah gunung Aso. Yang menarik yaitu terdapat dua Rodan yang muncul di filmnya – satu Rodan jantan dan satu betina. Para manusia dalam ceritanya berasumsi bahwa tes nuklir menjadi penyebab semuanya.

Efek dari nuklir tersebut membuka berbagai gua-gua uno, yang mana membuat para makhluk tersebut menetas. Kedua Rodan tersebut berhasil dikalahkan kala pihak militer mengikuti Rodan sampai ke sarangnya. Mereka kemudian menyerang gunung berapi tersebut, yang mana berakibat terjadi erupsi yang menghancurkan kedua kaiju tersebut.

CBR.com

Pada film Ghidorah, the Three-Headed Monster yang dirilis pada 1964, putri Maas Doulina Salno tiba di bumi sehabis perjalanan dari Venus, mengingatkan orang-orang bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi di gunung berapi itu dan gas dari gunungnya akan membangkitkan kembali Rodan. Dan ucapannya kemudian terbukti kala seekor Rodan muncul dari dalam kawah dan kemudian terbang ke angkasa.

Rodan tersebut kemudian berhasil dibunuh oleh Godzilla dan, kali pertarungan terjadi, telur Babygodzilla dicuri. Namun, kala Rodan merasakan bahwa Babygodzilla sedang dalam bahaya di Tokyo, Rodan kemudian kembali bangkit secara mandiri, dan kemudian menjadi bentuk baru, Fire Rodan. Sayangnya, di akhir filmn, Fire Rodan menyerahkan nyawanya demi Godzilla bakal mengalahkan Mechagodzilla.

Apa Kekuatan Rodan

Kemampuan utama dari Rodan yaitu terbang. Dia mampu terbang dengan melebihi kecepatan suara, menghancurkan kota-kota dengan sonic boom yang dia hasilkan. Meskipun kecepatannya amat luar biasa, hal itu tidak menghentikan kelincahan dari Rodan, seperti yang diperlihatkan kala dia dengan mudah bermanuver menghindari berbagai serangan militer Jepang. Selain sonic boom, angin yang dihasilkan kala Rodan terbang dalam kecepatan tinggi juga mampu menghancurkan bangunan, pesawat, bahkan mampu mengalahkan kaiju lain.

CBR.com

Bagian paruh dan juga kukunya benar-benar amat tajam, dimana mampu menembus kendaraan ataupun bagian tubuh dari kaiju dengan amat mudah. Bahkan, Rodan mampu menghancurkan gedung-gedung, dan menghancurkan mata dari Mechaghodzilla dengan mudah dengan menggunakan paruhnya. Kekuatan Rodan juga amat dahsyat, dimana dia mampu mengangkat kaiju lainnya bakal terbang dan membawanya ke tempat lain.

Tengah Rodan berubah menjadi Fire Rodan, dia mampu menggunakan Uranioum Heat Beam. Serangan tersebut kurang lebih mirip seperti serangan atomic breath milik Godzilla. Rodan juga dikenal sebagai salah satu kaiju yang memiliki daya tahan yang kuat. Dalam berbagai film kaiju di era Showa, Rodan diperlihatkan mampu menahan serangan Godzilla. Di film lain, dia diperlihatkan mampu bertahan dari serangan sinar gravitasi dari King Ghidorah. Inilah alasan mengapa Rodan menjadi lawan tangguh yang amat mengerikan.

Kelemahan Rodan

Meskipun Rodan diakui amat kuat, dia juga diketahui memiliki kelemahan. Kemampuan lain dari Godzilla nyatanya mampu membuat Rodan kewalahan. Dengan menggunakan injakan kaki yang powerful serta serangan atomic breath dari jarak dekat, Godzilla mampu membuat Rodan tewas. Rodan juga diperlihatkan lemah terhadap serangan granat plasma yang dimiliki oleh Mechagodzilla. Rodan juga hampir tewas kala Super Mechagodzilla menyerangnya dengan mega buster.

CBR.com

Dalam anime GODZILLA: Planet of the Monsters, Hedorah diperlihatkan mampu membunuh Rodan, bersama kaiju lainnya. Hal ini membuktikan bahwa Rodan mampu dikalahkan dengan menggunakan kombinasi serangan yang tepat. Dedikasi Rodan juga terkadang menjadi masalah, dimana dia sering kali terluka atau hampir tewas oleh kaiju lainnya demi melindungi adik adopsinya, Babygodzilla.

Rodan juga amat lemah dalam hal mengendalikan pikirannya. Dia pernah beberapa kali berhasil dikendalikan oleh para Xiliens dalam Invasion of Astro-Monster dan juga Godzilla: Final Wars, serta dikendalikan oleh Kilaaks dalam Destroy All Monsters. Apakah kemudian berbagai hal ini akan ditampilkan dalam Singular Point nantinya? Tentu harus kita nantikan dan cari tahu.

Featured image: godzilla.fandom.com

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *