Berikut Fakta Unik perihal Thanos yang Wajib Kamu Ketahui

  • Share

Thanos menjadi villain utama di film Avengers: Infinity War. Villain yang juga disebut sebagai Mad Titan ini dijanjikan akan menjadi musuh terkuat yang pernah dihadapi oleh para Avengers. Dengan kekuatan yang sungguh dahsyat itu tentu karakter yang satu ini mengundang rasa penasaran. Kali ini Mariviu akan membahas beberapa fakta unik perihal Thanos yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk Simak!

Kemunculan pertama Thanos

fakta unik tentang thanos avengers infinity war

Thanos di The Avengers Via MCU wiki

Thanos muncul pertama kalinya di komik Iron Man #55 yang terbit pada Februari 1973. Semenjak debutnya itu, ia pernah menjadi musuh yang sungguh merepotkan bagi banyak superhero seperti Avengers, Guardians of the Galaxy, dan Adam Warlock.

Sedangkan kemunculan pertama Thanos di film MCU ialah di dalam sebuah post credit scene di film The Avengers. Di sini ditunjukkan kalau ia lah yang bertanggung jawab atas serangan di New York yang melibatkan Loki.

Lahir dengan Deviant Syndrome

fakta unik tentang thanos

Thanos lahir dengan Deviant Syndrome Via Marvel Comics

Thanos merupakan keturunan Eternal, bangsa yang tinggal di Titan, satelit planet Jupiter. Lahir dengan Deviant Syndrome, kelainan yang membuatnya berbeda dari Eternal kebanyakan. Ia memiliki penampilan menyerupai the Deviants, musuh bangsanya tersebut.

Kekurangannya ini membuatnya memiliki kemampuan yang luar biasa bila dibandingkan dengan sesama Eternal. Bentuk dan kemampuan yang menyerupai musuh bangsanya ini kemudian membuatnya sungguh dibenci. Bahkan keluarganya sendiri hendak membunuhnya.

Mereka termasuk Ayah dan Kakeknya, Mentor dan Kronos. Bakal membunuh Thanos, dua anggota keluarganya itu “menciptakan” Drax the Destroyer. Di film Guardians of the Galaxy kita melihat bahwa Drax (Dave Bautista) sungguh hendak membunuh Thanos karena pernah membunuh istri dan anaknya. Sedikit berbeda dari komiknya, di film, Drax tidak disebutkan sebagai “ciptaan” Mentor dan Kronos.

Thanos membunuh keluarganya

Menjadi lebih kuat, Thanos kemudian memiliki ambisi yang lebih besar, adalah menguasai dan menghancurkan alam semesta. Di salah satu aksinya ia mengumpulkan pasukan dan kemudian menghancurkan tempat kelahirannya, Titan. Dalam pembantaian itu, ibunya, Sui-San menjadi salah satu korban keganansannya.

Thanos dapat mengangkat Mjolnir

fakta tentang thanos

Thanos dengan Infinity Stones lengkap Via Marvel

Kita tahu kalau Mjolnir tidak mampu diangkat oleh sembarangan orang. Hanya orang-orang yang pantas saja yang mampu mengangkat dan menggunakannya. Namun tahukah kamu kalau Thanos mampu mengangkat senjata milik Thor tersebut? Hanya saja ia harus memiliki infinity stones buat melakukan itu.

Power Stone akan memberikannya kekuatan yang dahsyat, dan Reality Stone akan memanipulasi kenyataan sehingga membuatnya mampu mengangkat Mjolnir. Walaupun begitu, Thanos tidak akan mampu menggunakan kekuatan palu tersebut.

Pemeran Thanos diganti

Kala muncul pertama kalinya di film The Avengers, Thanos masih belum diperankan oleh aktor kenamaan, Josh Brolin. Pada kali itu yang memerankannya ialah Damion Poitoer. Kemudian Kevin Feige, bos Marvel Studios, menyebutkan kalau pemeran Thanos mampu saja diganti kapan saja dan seperti yang kita tahu, akhirnya Josh Brolin lah yang menjadi sang Mad Titan di film Avengers: Infinity War.

Secara tidak sadar Thanos hendak kalah

Fakta menarik tentang thanos

Thanos kalah melawan Squirrel Girl Via Marvel Comics

Menjadi villain terkuat di semesta Marvel, Thanos memiliki kemampuan buat menghajar superhero manapun. Ia terkenal menjadi pembantai jutaan jiwa. Namun walaupun begitu, kenyataannya Thanos sering mengalami kekalahan. Ini dikarenakan, jauh di lubuk hatinya yang terdalam ia merasa tidak pantas menjadi makhluk yang paling kuat.

Memiliki obsesi kepada Mistress Death

fakta unik thanos

Thanos dan Lady Death Via Screenrant

Siapa sangka kalau sosok sesangar Thanos akan melakukan segala cara buat memenangkan hati wanita pujaannya. Ia lah Mistress Death, karakter komik Marvel yang mampu dibilang perwujudan dari kematian itu sendiri. Tujuan Thanos melenyapkan kehidupan dari alam semesta ternyata semata-mata ialah buat membuat Death terkesan sehingga ia mampu bertemu dengan sang wanita.

Thanos terinspirasi karakter DC

Thanos mirip Darkseid

Darkseid Via DC Comics

Marvel dan DC pernah menjadi rival abadi di dalam dunia komik. Namun siapa sangka kalau banyak karakter komik Marvel yang terinspirasi dari karakter komik DC, salah satunya Thanos. Design pertama Thanos ternyata mengambil inspirasi dari Metron, karakter komik DC. Namun dalam perkembangannya, Thanos kemudian lebih banyak terinspirasi dari Darkseid yang juga berasal dari DC.

Selain memiliki kemiripan, walau berbeda warna kulit, tujuan Thanos sebagai villain juga mengingatkan kepada misi Darseid. Bila sang Mad Titan hendak membawa kehancuran ke alam semesta, kemudian Darkseid hendak menemukan Anti-Life Equation.

Suka bertani

Fakta unik tentang Thanos

Thanos bertani Via Marvel Comics

Thanos memiliki tujuan buat membawa kematian kepada semua kehidupan di alam semesta. Namun ternyata sang villain memiliki hobi yang sederhana, adalah bertani. Kala kalah di komik Infinity Gauntlet, Thanos menghilang dan pergi ke sebuah planet. Di planet ini ia ternyata beralih profesi menjadi seorang petani dan menikmati kehidupannya yang tenang.

Itulah beberapa fakta unik perihal Thanos yang wajib buat kamu ketahui. Apakah ada yang kamu ketahui selain dari daftar di atas? Jangan lupa tulis di kolom komentar, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *