Mengapa Jaw Titan Versi Porco Lebih Hebat Dari Ymir?

  • Share

Musim keempat dari seri Attack on Titan memberikan banyak sekali sorotan kepada Jaw Titan yang baru, dalam beberapa episode terakhir. Diperlihatkan bahwa Jaw Titan berhasil menyerang Attack Titan dari Eren Yeager atau berhasil membantu kemenangan pasukan Marley atas aliansi Timur-Tengah. Dalam pertarungan tersebut, terbukti bahwa Jaw Titan baru milik Porco Galliard jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya, yang dimiliki oleh Ymir.

Ada banyak perbedaan antara Jaw Titan milik Ymir dan Porco, baik dari segi penampilan maupun kemampuan. Dalam episode 7 yang berjudul “Assault” kita bisa melihat dengan jelas perbedaan tersebut, dimana Jaw Titan milik Porco berhasil menggunakan kekuatannya secara maksimal saat melawan Eren. Sedangkan Jaw Titan dari Ymir kurang memperlihatkan kemampuannya.

Penampilan kedua versi pun sangatlah berbeda. Jaw Titan milik Ymir memiliki ukuran tubuh yang cenderung kecil, dengan bagian kepalanya yang paling besar diantara anggota tubuh lain. Memiliki rambut hitam panjang (sesuai dengan penampilan dari Ymir), Jaw Titan Ymir tidak memiliki proteksi atau perlindungan apapun di bagian wajahnya.

Vix.com

Jaw Titan tersebut hanya mengandalkan kecepatan untuk menghindari serangan musuh. Selain itu, seperti halnya War Hammer dan Cart Titan, Jaw Titan dipegang oleh seorang wanita namun bentuk Titannya sendiri sama sekali tidak memperlihatkan karakteristik wanita, terutama jika dibandingkan dengan bentuk dari Female Titan milik Annie. Jaw Titan hanya mengandalkan bagian rahang yang kuat dan juga cakar yang tajam.

Pengendalian Ymir terhadap Jaw Titan miliknya bisa dibilang sangat serampangan, dimana dia membiarkan emosinya yang menuntunnya bertarung. Meskipun begitu, serangannya benar-benar sangat mengerikan dan gesit, ditambah lagi emosi yang meledak-ledak terhadap situasi yang dihadapi, apalagi jika sosok Historia terlibat dalam pertarungan tersebut.

Di sisi lain, Jaw Titan milik Porco jauh lebih terkendali dalam hal serangannya, entah hal tersebut karena latihan militer yang dijalani oleh Porco sebagai seorang Warrior di Marley atau karena memang kekuatan tekad dalam dirinya, untuk bisa mengendalikan emosi. Dari segi penampilan pun, Jaw Titan dari Porco terlihat lebih buas dengan rambut panjang yang bergelombang dan juga wajah yang terlindungi armor.

Di episode 7, kita melihat begaiama kekuatan rahang dari Jaw Titan Porco ketika Eren menggunakannya untuk menghancurkan kristal yang menyelimuti tubuh Lara Tybur, adik dari Willy Tybur dan pewaris kekuatan War Hammer Titan. Hanya butuh beberapa detik saja bagi rahang Jaw Titan mampu menghancurkan kristal keras yang sempat menghancurkan gigi dari Attack Titan tersebut.

CBR.com

Dari bentuk tubuh pun, Jaw Titan milik Porco diperlihatkan lebih beroto yang membutikan memang ada peningkatan kekuatan fisik, dari Jaw Titan sebelumnya. Namun, mengapa ada perbedaan yang cukup besar dari kedua pemilik Titan ini? Hanya ada dua kemungkinan penjelasan untuk hal tersebut. Pertama, masing-masing bentuk Titan mengikuti kekuatan tekad dari si pemiliknya.

Itu artinya perbedaan fundamental antara Porco Galliard dan Ymir sebagai seorang individu akan menjadi faktor penentu. Jika memang itu benar, maka bisa diasumsikan bahwa Porco jauh lebih baik dari hal pengendalian kekuatan tekadnya, dan secara keseluruhan Porco jauh lebih disiplin. Kemungkinan kedua mengapa Porco adalah Jaw Titan terbaik, karena dia dilatih secara serius oleh pihak Marley.

Hal itu tentunya memberikan keuntungan lebih dan menjadi poin peningkatan kekuatan saat dia berada di form Titannya. Berbeda dengan Ymir yang berubah menjadi Jaw Titan secara tidak sengaja, dan harus mencari tahu semuanya sendiri. Meskipun sudah jelas bahwa Jaw Titan Porco jauh lebih kuat dan hebat dibandingkan milik Ymir, namun di akhir episode 7 kita melihat akhir yang kurang menyenangkan.

Pada akhirnya sosok hebat seperti Porco pun tidak sanggup menghadapi peningkatan kekuatan pasukan Survey yang sudah meningkat jauh dan lebih teorganisir. Porco juga tidak sanggup menghadapi serangan dari Attack Titan, yang mana diperlihatkan pada akhirnya Porco hanya pasrah ketika Eren menggunakan rahangnya untuk menghancurkan kristal War Hammer Titan. Porco sendiri beruntung masih bisa hidup, setelah Armored Titan milik Reiner menyelamatkan nyawanya.

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *