Penjelasan Timeline Karate Kid & Cobra Kai

  • Share

Serial TV Cobra Kai memperluas timeline cerita The Karate Kid yang pertama kali muncul di tahun 1984. Film tersebut tanpa diduga cukup sukses, dan menjadi sebuah waralaba dengan menghasilkan tiga sekuel, sebuah remake (2010), dan serial Cobra Kai yang akan segera memasuki musim ketiga di Netflix.

Trilogi Karate Kid asli berpusat pada Daniel LaRusso (Ralph Macchio) dan sensei serta sahabatnya, Mr. Miyagi (Noriyuki “Pat” Morita). Sementara film pertama yakni cerita yang berdiri sendiri, sekuelnya, The Karate Kid Part II tahun 1986, menyelidiki masa berlanjut Mr. Miyagi, dan membuka cerita baru dengan mengisyaratkan asal-usul “Miyagi-Do karate”

Upaya buat menghidupkan kembali serial film dengan film keempat, The Next Karate Kid tahun 1994, disambut dengan kekecewaan kritis dan box office. Waralaba ini berlanjut memulai ulang dengan film baru tahun 2010, dengan Jaden Smith dan Jackie Chan sebagai karakter utamanya. Meskipun sukses di box office, film tersebut tidak dianggap sebagai bagian cerita resmi dari dunia The Karate Kid itu sendiri.

Saga The Karate Kid berlanjut dihidupkan kembali pada tahun 2018 oleh serial Cobra Kai, yang mengangkat persaingan film asli antara Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence. Permusuhan pribadi keduanya sekarang telah lebih dari tiga setengah dekade, dan pernah diturunkan kepada anak-anaknya, hingga siswa didik mereka.

The Karate Kid (1984)

1984 – Daniel dan keluarganya baru pindah ke Los Angeles dari Kota New Jersey. Sementara itu, Mr. Miyagi yakni seorang tukang yang tinggal di sekitaran kompleks aparteman tempat tinggalnya keluarga Daniel. Mr. Miyagi merupakan imigran Jepang yang eksentrik namun baik hati. Di sekolahnya yang baru, Daniel mengencani Ali Mills, yang mantan pacarnya merupakan pemegang sabuk hitam di Dojo Cobra Kai bernama Johnny Lawrence.

Perayaan Halloween 1984  – Pada malam Halloween, Daniel mengerjai Johnny dengan menyemprotkan air menggunakan selang ke wajahnya. Daniel berlanjut dipukuli habis-habisan oleh Johnny beserta teman-temannya di Cobra Kai. Mr. Miyagi yang melihatnya berlanjut membantunya, dan mengalahkan mereka dengan mudah. Daniel meminta Mr. Miyagi buat mengajarinya karate. Miyagi menolak, dan membawa Daniel ke dojo Cobra Kai buat menyelesaikan konflik tersebut. Mereka bertemu dengan sensei Cobra Kai, John Kreese, mantan veteran Pasukan Khusus Vietnam yang menolak tawaran perdamaian.

Musim Gugur 1984 – Miyagi kemudian mengusulkan supaya Daniel mengikuti Kejuaraan Karate, di mana dia dapat bersaing dengan Johnny dan siswa Cobra Kai lainnya. Mr. Miyagi berlanjut melatih Daniel dalam karate Miyagi-Do, dan keduanya membentuk sebuah persahabatan. Singkat cerita, Daniel memenangkan kejuaraan karate mengalahkan Jhonny.  Segera seusai turnamen, Kreese menyerang Johnny di tempat parkir. Mr. Miyagi menyelamatkan Johnny, dan mempermalukan Kreese dalam perkelahian. Semua siswa Cobra Kai meninggalkan Kreese, dan dojo Cobra Kai ditutup.

The Karate Kid Part II (1985)

Juni 1985 – Daniel menggunakan dana kuliahnya buat menemani Mr. Miyagi ke Okinawa. Daniel mengetahui bahwa Sato masih hendak melawan Miyagi sampai mati. Di sisi lain, keponakan Sato yang bernama Chozen memulai persaingan dengan Daniel. Di Okinawa, Mr. Miyagi kembali terhubung dengan seorang wanita yang dicintainya dulu, Yukie, sedangkan Daniel pun terlibat asmara dengan seorang gadis bernama Kumiko.

Musim panas 1985 – Dengan bimbingan Miyagi, Daniel memecahkan enam batang es di sebuah bar, memenangkan taruhan dengan Chozen. Sato masih dendam dan hendak bertanding dengan Miyagi, dan ia mengancam akan menghancurkan Desa Tomi bila dia tidak setuju. Miyagi akhirnya setuju tetapi badai menghantam Okinawa malam sebelum pertarungan. Daniel dan Miyagi menyelamatkan nyawa Sato, dan namun Chozen menolak buat membantu Daniel menyelamatkan seorang gadis muda. Chozen menantang Daniel dalam pertarungan sampai mati, tetapi Daniel mengalahkannya dengan teknik Miyagi-Do.

The Karate Kid Part III (1985)

Musim semi 1985 – Daniel dan Mr. Miyagi kembali dari Okinawa dan melihat gedung apartemen tempat tinggalnya iubah menjadi kondominium, dan Miyagi kehilangan pekerjaan. Daniel memutuskan buat menggunakan dana kuliahnya buat membuka toko bonsai bersama Mr. Miyagi. Sementara itu, John Kreese, yang sekarang miskin, mengunjungi rekannya di Perang Vietnam, Terry Silver, seorang pengusaha kaya yang memiliki bisnis pembuangan limbah beracun. Silver bersumpah buat membantunya membalas dendam pada Daniel dan Mr. Miyagi serta membangun kembali Cobra Kai. Silver berlanjut merekrut Mike Barnes, yang dijuluki “Karate’s Badboy”, buat menantang Daniel di turnamen karate mendatang. Silver berlanjut mengajak Daniel buat bergabung dengan Dojo Cobra Kai supaya sanggup mempertahankan gelarnya. Ia menawarkan diri mengajari Daniel teknik beladiri yang lebih keras daripada yang diajarkan oleh Mr. Miyagi. Kali bergabung dengan Cobrai Kai, Daniel mulai menjauh dengan Mr. Miyagi, dan ia menjadi orang yang berbeda. Daniel akhirnya mengetahui bahwa ia diperalat oleh Silver buat menghancurkan karirnya.

Desember 1985 – Mr. Miyagi datang buat menyelamatkan Daniel, dan melatihnya sekali lagi buat mempertahankan gelarnya di Turnamen. Daniel mengalahakan Mike Barnes buat menjadi juara karate dua kali berturut-turut. Komite turnamen karake berlanjut mengeluarkan larangan seumur hidup pada Dojo Cobra Kai.

The Next Karate Kid (1994)

Mei 1994 – Mr. Miyagi pergi ke Boston buat menerima penghargaan Presiden atas keberanian unit Angkatan Darat A.S. dalam Perang Dunia II. Di sana,   dia bertemu dengan Julie Pierce, cucu dari Letnan Jack Pierce. Miyagi berlanjut menerima tanggung jawab buat melatih Julie dengan karate Miyagi-Do.

Cobra Kai (Season 1)

Agustus 2017 – Sehabis dipecat dari pekerjaannya sebagai petugas pemeliharaan, Johnny Lawrence memutuskan buat membuka kembali dojo Cobra Kai. Dia juga bertemu Daniel LaRusso lagi buat pertama kalinya sejak sekolah menengah. Johnny pun bertemu dengan tetangga sebelahnya, Miguel, yang menjadi murid pertamanya.

Halloween 2017 – Miguel dipukuli oleh pacar Samantha LaRusso, Kyler dan teman-temannya di pesta dansa Halloween. Keterampilan karate Miguel meningkat pesat, dan dia mengalahkan Kyler dan teman-temannya. Video pertarungan mereka menjadi viral, memicu masuknya siswa Cobra Kai baru, termasuk Aisha Robinson dan Eli Moskowitz.

Februari 2018 – Robby Keene, putra dari Johnny, mendapat pekerjaan di LaRusso Auto Group, dan Daniel mulai melatihnya dalam karate. Johnny mengetahui larangan seumur hidup Cobra Kai dari Komite Turnamen Karate, dan ia berhasil membatalkan larangan tersebut, terlepas dari upaya Daniel buat menggagalkannya.

Mei 2018 – Miguel kemudian mengalahkan Robby buat memenangkan 50th Anniversary All Valley Under 18 Karate Championship buat Cobra Kai. Daniel memutuskan buat membuka kembali Dojo Miyagi-Do, dan menerima siswa baru buat menghadapi Cobra Kai. Sehabis mendengar mengenai Johnny yang menghidupkan kembali Cobra Kai, John Kreese pun kembali.

Cobra Kai (Season 2)

Juni 2018 – Johnny mengizinkan Kreese buat bergabung dengan Cobra Kai sebagai pelatih, sementara itu Miyagi-Do baru milik Daniel dibuka dengan Robby dan Samantha sebagai murid pertamanya. Upaya Daniel buat memperkenalkan Miyagi-Do dengan sebuah pameran di Valley Fest digagalkan oleh Johnny dan Cobra Kai.

July 2018 – Tory Nichols bergabung dengan Cobra Kai, dan langsung bermusuhan dengan Samantha seusai pertengkaran di pantai. Beberapa rekrutan baru Cobra Kai, termasuk Demetri, menganggap metode Johnny dan Kreese terlalu ekstrem, dan mereka bergabung dengan Dojo Miyagi-Do

September 2018 – Di SMA West Valley, Tory dan Sam mulai berkelahi dan menarik kedua faksi Cobra Kai serta Miyagi-Do dalam perkelahian habis-habisan. Tory berhadapan dengan Samantha, dan Robby menendang Miguel hingga terluka parah. Samantha dirawat di rumah sakit pada akhirnya, memotong lengan Sam dengan gelang berduri namun Robby menendang Miguel dari balkon kala Diaz menunjukkan belas kasihan padanya. Daniel menutup Dojo Miyagi-Do dalam kesedihannya, sementara Johnny, yang putus asa karena Miguel, mengetahui bahwa Kreese pernah mencuri Cobra Kai darinya. Johnny membuang ponselnya, dan tidak melihat permintaan pertemanan Facebook dari Ali Mills Schwarber.

 

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *