Armin Ialah Protagonis Utama Attack on Titan?

  • Share

Attack on Titan karya Hajime Isayama ialah salah satu seri anime terpopuler di dunia, yang mana kepopulerannya kini semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan. Dalam ceritanya kita melihat sosok Eren Yaeger yang menjadi sentral ceritanya. Meskipun serinya memiliki banyak sekali karakter penting, namun Eren tetap dianggap sebagai karakter utamanya, mendominasi cerita baik di manga dan animenya.

Namun, apakah Eren memang karakter utamanya? Siapa yang seharusnya menjadi karakter utama di seriesnya? Armir Arlert dan Mikasa Ackerman merupakan karakter sentral lainnya dalam cerita. Dan sebenarnya dibandingkan Eren, Armin lebih cocok buat menjadi pemeran utama dalam serinya. Sosok Eren lebih bertindak sebagai viewpoint atau sudut pandang dari para penonton terhadap cerita dari Attack on Titan, dibandingkan dengan Armin yang merupakan karakter yang memang fokus pada ceritanya.

Seorang protagonis tentunya memiliki kewajiban buat memiliki “beban” bukan hanya sebagai karakter utama. Mereka juga harus self-motivated atau mampu memotivasi dirinya sendiri, sosok yang aktif, dan menjadi pewujudan dari keseluruhan tema cerita. Dan Armin ialah sosok yang dipercaya mampu memenuhi semua poin-poin tersebut.

Kalau Eren termotivasi oleh kejadian yang terjadi seperti kematian ibunya dan juga kehilangan sosok ayah, Armin termotivasi karena alasannya sendiri. Selagi Eren dan Mikasa bergabung dengan Survey Corps, mereka terkejut kala mengetahui bahwa Armin juga ternyata mau bergabung dengan kelompok tersebut terlepas dari kekuatan fisiknya yang tidak lebih kuat dibandingkan kandidat lain.

Meskipun begitu, Armin mengatakan pada mereka perihal mimpinya buat melihat lautan. Mimpi inilah yang kemudian membuatnya terus maju dan percaya diri, terlepas kematian dari kedua orang tuanya. Armin juga lebih aktif dalam apa yang terjadi di storylinenya. Dalam Battle of Trost District, Armin ialah orang yang membuat rencana buat memancing Attack Titan demi sanggup menangkapnya.

Merupakan ide dari Armin juga buat menggunakan Eren dalam form Titannya buat menutup lubang yang ada di tembok wilayah Paradis. Armin sendiri dikenal sebagai salah satu karakter yang cerdas, dan momen ini ialah salah satu buktinya. Armin juga memiliki peran penting, seperti saat dia menjadi orang pertama yang mampu menyimpulkan bahwa Annie ialah Female Titan.

Armin juga pernah memberikan saran buat mencari Reiner di tembok-tembok yang ada, karena dia tahu bahwa tembok-tembok tersebut memiliki celah yang sanggup digunakan buat bersembunyi. Eren sendiri terkadang melakukan misi atau tugas yang sebenarnya merupakan rencana yang dibuat oleh Armin. Kalau Eren memang ialah protagonis utamanya, tentu rencana tersebut akan dibuat olehnya bukan oleh Armin. Atau setidaknya Eren memiliki beberapa rencana yang sanggup digunakan.

Faktor lainnya yang membuat Armin ialah protagonis sebenarnya dalam seri ini ialah dia senantiasa mendukung dan memotivasi orang-orang di sekitarnya terutama Eren. Misalnya saat rahasia bahwa Eren ialah Attack Titan diketahui oleh yang lain, Armin kemudian melindungi Eren dari rekan-rekannya. Dia beranggapan bahwa form Titan dari Eren jauh lebih berharga dalam pertarungan dibandingkan dalam form manusianya.

Perkataan inilah yang kemudian membuat kesalahan dari Eren ini diampuni. Terkadang ada juga momen dimana Eren tidak memiliki motivasi buat terus melanjutkan usahanya dalam perjalanan kembali ke Shiganshina. Armin kemudian muncul dan mengingatkan Eren perihal mimpi mereka buat melihat lautan dan dunia luar, inilah yang membuat perasaan Eren membaik dan membuat Eren meneruskan petualangannya.

Memang, semua cerita ini bukan hanya digerakan oleh Armin saja, tetapi Armin adakah karakter yang justru mengambil peran besar yang seharusnya ada di dalam karakter protagonis utama. Entah Hajime Isayama memang sengaja melakukannya biar para fans tetap fokus pada cerita atau ada alasan lain, yang pasti hal ini dilakukan dengan cara yang halus (subtle). Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju bahwa Armin ialah karakter utama yang sebenarnya?

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *