Ini Bedanya Justice League Versi Snyder Cut vs Theaterical!

  • Share

Sebuah kabar gembira akhirnya datang, Justice League versi Snyder Cut akan segera dirilis! Seusai penantian sewaktu 3 tahun dan petisi online yang berhasil mengumpulan banyak suara dengan title “Release the Snyder Cut” muncul, Warner Bros akhirnya bergeming dan kini tengah bersiap bakal merilis versi Justice League yang diinginkan para penggemar.

Tetapi, boleh jadi juga ada diantara kalian yang penasaran mengapa “Snyder Cut” amat ditunggu dan memiliki gerakan dukungan yang masif. Apa yang membuat versi ini dianggap spesial oleh para penggemar? Bakal itu, mari kita flashback ke momen masa Justice League memasuki proses pasca produksi.

Masa itu Zack Snyder, sutradara awal Justice League, mengundurkan diri dari proyek film tersebut seusai memasuki proses pasca produksi. Zack mengundurkan diri karena sebuah insiden yang mengakibatkan putrinya meninggal. Jadi sanggup dibilang jikalau mundurnya Zack bukan karena perbedaan visi dengan studio, seperti kasus yang umum terjadi jikalau seorang sutradara mengundurkan diri dari filmnya. Zack kemudian digantikan oleh sutradara Avengers (2012), Joss Whedon. Segala sesuatu tampak lancar, tetapi begitu film ini dirilis pada November 2017, penggemar merasa tidak puas dengan film ini yang tampak amat ringan, lebih “komedi”, dan alur cerita yang terkesan dipaksakan bakal menjadi singkat.

Hal itu membuat sebagian penggemar berpikir bahwa kontribusi Whedon-lah yang membuat Justice League mengecewakan, apalagi seusai Whedon datang, para aktor dan aktris menjalani beberapa reshoot yang dinilai merubah visi Snyder. Seusai itu pula, beredar kabar jikalau visi Zack Snyder yang sebenarnya bakal film ini merupakan membuat film Justice League yang lebih kompleks, dengan tone gelap dan penjajakan karakter yang lebih lengkap. Seusai Zack mengkonfirmasi bahwa hal tersebut benar, kemudian para penggemar memulai sebuah kampanye supaya pihak studio merilis versi “Snyder Cut” yang akhirnya terealisasikan pada tahun 2021 nanti.

Namun apa sebenarnya perbedaan mendetail dari versi theaterical yang rilis November 2017 kemudian dengan versi “Snyder Cut”? Bila merunut kabar-kabar yang sudah kemudian. Perbedaan paling mendasar merupakan durasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, film versi theaterical memiliki cerita yang terkesan dipaksakan dengan potongan disana-sini. Sedangkan menurut kabar yang beredar, versi “Snyder Cut” memiliki durasi sekitar 3,5 jam. Artinya sekitar 1,5 jam lebih lama dari versi theaterical.

Dari masalah durasi saja kita tahu bahwa ada penalaran cerita yang lebih detail yang diinginkan Snyder dalam filmnya. Seusai itu, dari durasi 3,5 jam juga kita tampaknya disuguhkan dengan “janji” Snyder yang menyertakan beberapa karakter DC lainnya. Katakanlah seperti Martian Man Hunter, Green Lantern Hal Jordan, dan The Atom yang tujuannya memperkenalkan ekspansi DC Extended Universe ke ranah yang lebih luas.

Selain itu juga, tone dan cerita yang lebih gelap boleh jadi akan menampilkan versi Batman seperti yang diidamkan oleh para penggemar, juga mempertahankan tone yang sudah ada dari film-film DCEU sebelumnya seperti Man of Steel dan Batman vs Superman.

Namun yang paling penting merupakan cerita yang lebih berbobot dan kompleks. Pada versi theaterical, banyak keluhan tentang penalaran cerita karakter lama dan karakter baru seperti The Flash dan Aquaman yang tidak terlalu baik. Juga dengan proses pemotongan cerita yang terkesan dipaksakan dan singkat, membuat ekspektasi banyak orang “runtuh”. Hal itu boleh jadi akan ditebus dengan durasi sepanjang 3,5 jam yang dijanjikan. Oh ya, ini juga termasuk dengan kehadiran “Black Superman” yang sebelumnya ditunggu-tunggu para penggemar, tampaknya mengungkap kehadiran Knightmare di BvS, juga tease dari Darkseid yang seharusnya muncul di akhir film ini.

Nah, seusai berbagai hal itu, boleh jadi masih ada banyak kejutan-kejutan lain yang sanggup kita temukan dari versi “Snyder Cut”, tinggal dari segi cerita, apakah versi ini akan menjawab ekspektasi kita pada Justice League dengan baik? Tentunya masih harus kita tunggu sampai 2021 nanti. Sekarang yang sanggup kita lakukan merupakan memantau berbagai update terbaru dari “Snyder Cut” ini. Stay tune di Greenscene.co.id karena berita terbaru tentang “Snyder Cut” dan pop culture entertainment lainnya sanggup kamu dapatkan disini Geeks!

SUBSCRIBE US, CLICK:

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *