Review Film Happy Death Day 2U (2019) – Konsep Sama tetapi Tetap Menghibur

  • Share

Sesudah sukses dengan film Happy Death Day pada tahun 2017, Blumhouse Productions merilis sekuel film tersebut dua tahun kemudian dengan judul Happy Death Day 2U. Film bergenre slasher ini disutradai kembali oleh Christopher Landon yang telah cukup berpengalaman lewat film seperti Disturbia dan Scout Guide to the Zombie Apocalypse. Film Happy Death Day 2U sendiri juga kembali diperankan oleh Jessica Rothe sebagai Tree Gelbman dan Israel Broussard sebagai Carter Davis. Dan kali ini, Tree Gelbman harus mencari cara supaya lolos dari jebakan lingkaran waktu.

Film Happy Death Day 2U hadir dengan tagline “Death Makes A Killer Comeback” ini cukup membuat penasaran para penggemar franchise-nya. Kalau kita telah menonton film pertamanya, kita telah tahu bahwa sang pembunuh hanya mengincar nyawa Tree Gelbman. Namun dalam sekuel ini, si pembunuh juga mengincar orang-orang di sekitar Tree.

Film ini berawal dari teman dekat Carter ialah Ryan Phan (Phi Vu) yang melakukan sebuah percobaan sains dengan membuat eksprerimen reaktor bernama Sisi yang dimaksudkan buat memperlambat waktu. Percobaan ini mengalami kegagalan yang berakibat mendatangkan sosok Ryan Phan dari dimensi lain.

Ryan panik dan ketakutan karena ia terjebak pada waktu yang sama sehabis dirinya dibunuh oleh pria bertopeng bayi raksasa. Mendengar itu, Tree Gelbman yang telah pernah mengalami kondisi serupa mencoba membantu. Namun, alih-alih mengembalikan Ryan “baru” ke dimensi asalnya, justru Tree Gelbman kembali lagi pada hari kali ia berulang tahun dan terbunuh berkali-kali (kejadian pada film Happy Death Day).

Nah, kemudian film Happy Death Day 2U pun menjadi sungguh menarik. No spoiler, sekuel ini memang masih menghadirkan konsep yang sama. Namun, film ini dapat menghadirkan sesuatu yang baru, ialah keseharian yang dijalani Tree di dimensi baru sungguh berbeda dari dimensi asalnya yang kita tonton di film Happy Death Day.

review film happy death day 2u indonesia
Via IMDb

Perbedaan kondisi kehidupan ini kemudian membuat tokoh utama kita mengalami dilema apakah ia memang harus kembali ke dimensi asalnya atau menetap di dimensi baru ini karena ia mulai menyukai kehidupan barunya.

Walaupun begitu, film ini tetap menyajikan investigasi menegangkan dan membuat penasaran yang dilakukan Tree buat mengungkap siapa pembunuh bertopeng di dimensi baru itu yang tidak hanya mengincar dirinya, tetapi juga orang-orang di sekitanya.

Terus, siapakah pembunuh yang harus dihadapi Tree Gelbman? Dan sanggupkah Tree lolos dari lingkaran waktu yang menjebaknya?

ulasan film happy death day 2u
Via IMDb
Film Happy Death Day 2U merupakan slasher berbalut komedi

Kalau kita melihat dari trailer dan poster filmnya, kita akan membayangkan adegan-adegan sadis yang menakutkan. Faktanya film ini sungguh dominan dengan balutan komedi. Banyak adegan yang membuat kita tertawa, ditambah karakter Jessica Rothe yang sungguh kuat dan kelakuan konyol dari Phi Vu membuat alur cerita maju-mundur ini tidak terasa membosankan.

Sayangnya film ini cukup banyak menjelaskan ilmu di balik putaran waktu, dimensi alternatif dan multiverse yang menjadi bagian paling tidak menarik, menurut saya.

Tidak hanya itu, film Happy Death Day 2U juga memberikan nilai kehidupan, bagaimana tiap perjalanan hidup baik itu kesedihan dan kebahagiaan hadir buat membentuk jati diri seseorang.

Dengan balutan komedi dan cerita yang tidak hanya menegangkan tetapi juga bermakna, film slasher ini mampu membuat penontonnya tertawa sekaligus menitikkan air mata.

Film ini akan tayang pada 13 Februari 2019. Jangan lupa sebelum menonton Happy Death Day 2U, baiknya kamu menonton film pertamanya terlebih dahulu, ialah Happy Death Day.

Sekadar informasi, sekuel ini punya post credit scene buat menceritakan kelihatannya petualangan Tree di sekuel berikutnya. Jadi jangan buru-buru keluar bioskop yaa. Selamat menonton!

Rating: 3.5


Genre: Horror, Mystery, Thriller

Sutradara: Christopher Landon

Penulis: Scott Lobdell

Bintang: Jessica RotheIsrael BroussardRuby Modine

Kesimpulan

Film Happy Death Day 2U masih menghadirkan konsep yang sama dengan pendahulunya. Tetapi, dengan balutan komedi dan cerita baru, sekuel ini mampu menjadi film yang sungguh menghibur dan juga bermakna.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *