Review Film Orang Kaya Baru (2019) – Komedi Realitas Penuh Sindiran Bermakna

  • Share

Baru di awal tahun, sudah banyak film menghibur dari dalam negeri yang berkisah tentang keluarga. Setelah Keluarga Cemara, film Orang Kaya Baru hadir dengan mengangkat tema keluarga dengan balutan komedi. Dengan cerita yang tidak terlalu berat, film ini cocok untuk ditonton bersama keluarga besar serta teman-teman di akhir pekan.

Film yang disutradarai oleh Ody C. Harahap serta Joko Anwar sebagai penulis naskah ini dipenuhi dengan bintang-bintang ternama. Sebut saja Derby Romero, Raline Shah, Cut Mini dan Lukman Sardy serta aktor cilik berbakat, Fatih Unru, siap memberikan cerita heartwarming tentang keluarga. Mengangkat realitas berbalut komedi yang sering kita temui saat ini, film ini memiliki premis yang menarik.

ulasan film Orang Kaya Baru
via Legacy Pictures

Film Orang Kaya Baru menceritakan tentang sebuah keluarga dengan tiga anak (Duta, Tika, dan Dodi) yang sudah puluhan tahun tinggal di rumah kecil dengan pendapatan pas-pasan namun bahagia. Ketika sang Ayah (Lukman Sardi) meninggal, kehidupan mereka berubah.

Bukan meninggalkan hutang seperti yang ada di stereotip sinetron dan drama Korea, sang Ayah malah mengungkapkan jika sebenarnya ia pura-pura miskin untuk mendidik anak-anaknya agar menghargai apa yang mereka dapatkan. Lalu, cerita berkembang mengisahkan bagaimana keluarga tersebut yang menjadi ‘orang kaya baru’ dan menjelaskan nilai-nilai filosofis uang dan kebahagiaan.

Orang Kaya Baru
via Legacy Pictures

Kekuatan Orang Kaya Baru bukan hanya nama-nama besar yang tergabung dalam cast list film ini, tetapi bagaimana realita kehidupan keluarga menengah ke bawah Indonesia yang dibalut dengan komedi renyah ditampilkan di sepanjang cerita. Dari awal hingga akhir, penonton akan disuguhkan dengan alur yang padat dibalut tawa-tawa komedi situasi khas film-film dalam negeri.

Sindiran demi sindiran juga bisa dibaca dengan mudah. Mulai dari yang paling jelas terlihat; tentang bagaimana materi bisa mengubah seseorang, hingga sentilan-sentilan politis yang dimasukan pada beberapa bagian cerita. Bahkan konflik yang terjadi pada setiap karakter utama mengungkapkan apa yang akan terjadi ketika mereka yang hidup kesusahan tiba-tiba mendapatkan harta yang berlimpah; konflik yang sarat akan makna.

Raline Shah di ulasan film Orang Kaya Baru: The Movie
via Legacy Pictures

Mungkin bukan masalah, tetapi satu hal yang menarik diperhatikan adalah bagaimana alur yang ditampilkan cukup ringan dihiasi komedi yang renyah dan lebih menekankan pesan “uang bukanlah segalanya” dengan agak gamblang. Beberapa adegan terkesan diperjelas untuk membuat penonton mengerti. Apa karena penonton Indonesia terlalu sulit untuk menerima rangkaian kisah yang rumit untuk sebuah film keluarga?

Secara keseluruhan, Orang Kaya Baru: The Movie merupakan film ringan namun dengan pesan yang padat. Penuh dengan sindiran sarkastik bagi orang kaya-orang kaya baru yang semakin banyak di Indonesia. Jika merasa tersindir, berarti film ini untuk Anda. Namun jika tidak, berarti hidup Anda sudah menyenangkan. Dibalut komedi, film ini tetap bisa membuat emosi naik turun, terlebih menjelang akhir film.

review film Orang Kaya Baru
via Legacy Pictures

Orang Kaya Baru: The Movie saat ini sedang diputar di bioskop-bioskop kesayangan Anda di seluruh Indonesia. Sebuah film yang cocok untuk ditonton bersama keluarga dengan cerita yang mudah dicerna dan menghibur, namun disusupi pesan yang perlu disampaikan pada semua orang, bahwa uang tidak bisa membeli segalanya.

Rating: 3.5/5


Sutradara: Ody C. Harahap

Penulis: Joko Anwar

Bintang: Derby Romero, Raline Shah, Fatih Unru, Cut Mini TheoLukman Sardi,

Review Overview

Kesimpulan

Orang Kaya Baru: The Movie merupakan film ringan namun dengan pesan yang padat. Penuh dengan sindiran sarkastik bagi orang kaya-orang kaya baru yang semakin banyak di Indonesia. Jika merasa tersindir, berarti film ini untuk Anda. Dibalut komedi tapi tetap dengan naik turun emosi, terlebih menjelang akhir film.

User Review

4.25 (4 votes)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *