Bahas One Piece Chapter 924 – Aftermath Kaido vs Luffy

  • Share

Tulisan ini berisi spoiler One Piece chapter 924!

One Piece chapter 924 telah dirilis dan chapter terbaru One Piece ini membahas aftermath pertarungan Kaido melawan Luffy. Luffy yang dikalahkan dengan satu kali pukulan akhirnya bernasib sama dengan Kid: dikurung dalam penjara.

Bahas One Piece Chapter 924

Ada beberapa hal menarik yang terjadi di One Piece chapter 924. Pengguna Haoshoku Haki baru, selamatnya aliansi, berita pertarungan Kaido melawan Luffy, dan penjara Kaido. Nah langsung saja yuk kita simak pembahasan chapter yang berjudul “Ha” ini.

1. Keteguhan hati seorang Luffy-taro

One Piece chapter 924 dimulai dengan memperlihatkan kondisi Luffy yang terkapar berdarah-darah sesudah dipukul jatuh oleh Kaido. Dari pembicaraan anak buah Kaido, dapat diketahui kalau gada milik Kaido mampu membuat lawan tidak berkutik.

pembahasan one piece 924

Sepertinya gada tersebut bukan senjata sembarangan mengingat kaido memang sedang mengumpulkan berbagai senjata kuat seperti yang dijelaskan Law di dua chapter sebelumnya.

Kala para bawahan itu terkejut melihat Luffy masih bernafas, membuktikan kalau amat jarang lawan yang selamat dari pukulan Kaido. Hebatnya lagi, menurut Kaido Luffy masih memiliki keinginan kuat bakal menantangnya walaupun telah tidak berdaya. Bukti dari keteguhan hatinya.

review one piece 924

Bisa jadi ini merupakan salah satu alasan kenapa Luffy memiliki Haoshoku Haki. Haki merupakan perwujudan dari keinginan atau keteguhan hati seseorang. Dan hanya orang-orang terpilih yang memiliki Haoshoku Haki, ialah orang yang memiliki mimpi dan keteguhan yang amat kuat.

Sambil tertawa dengan “worororo”-nya, Kaido memerintahkan anak buahnya bakal membawa Luffy ke dalam penjara.

Nah, rupanya alasan bajak laut Kaido amat suka menangkap orang kuat bakal dijadikan anak buah merupakan bakal membuat mereka putus asa dan kemudian tunduk di bawah kekuasaan Kaido. Mampu disimpulkan kalau para Supernova yang sudah menjadi Headliner pernah dibuat putus asa juga sebelumnya.

Namun selagi mau dibawa ke penjara, Luffy mengeluarkan Haoshoku Haki yang membuat para bawahan tersebut kehilangan kesadaran. Kekuatan ini membuat Shutenmaru tercengang dan teringat dengan Lord Oden.

bahas one piece 924

Karena Shutenmaru mau mencari seorang pria yang sanggup ia ikuti sebagai pemimpin, Luffy yang memiliki kekuatan seperti Lord Oden merupakan calon pemimpin yang cocok baginya. Tampaknya Shutenmaru akan membantu Luffy.

Sesudah mengalahkan Luffy, Kaido pun pergi dari kota bakura dengan wujud naganya dan berencana mengatasi Law nanti. Ia mengatakan kalau ia mau mabuk-mabuk karena telah sadar. Karena mabuk lebih baik dari sadar.

Spekulasi

Pengguna Haoshoku Haki lain

Kaido menyebutkan kalau ada “bocah” lain yang memiliki Haoshoku Haki, sepertinya bocah itu merupakan merupakan Kid yang sebelumnya juga ia kalahkan. Buktinya sampai kali ini Kid masih belum tuduk kepada Kaido, seperti Luffy yang memiliki pendirian amat kuat.

Namun ada satu hal yang cukup mengkhawatirkan. Kaido menyebutkan kalau ia tidak butuh banyak pengguna Haoshoku Haki. Mampu jadi ia berencana bakal menghabisi salah satu dari “calon anggota”-nya yang memiliki Haoshoku Haki tersebut.

2. Koran sebagai alat propaganda

Wano merupakan negara yang tertutup dan shogun tidak mau ini berubah. Selain dengan doktrin sejak dini di sekolah-sekolah. Dan di One Piece 924 kita melihat kalau propaganda juga dilakukan lewat surat kabar.

Kaido memerintahkan supaya berita mengenai pertarungannya dengan Luffy tidak menggunakan kata “bajak laut” supaya masyarakat tidak terpapar informasi dari dunia luar. Pemerintah mengatur media sesuai selera mereka. Siapa bilang One Piece hanya bakal anak kecil?

3. Paku dari batu laut

Di sisi lain, Law berusaha bakal membawa kabur Luffy dengan kekuatan buah setannya. Namun ia kalah cepat dari Hawkins yang amat sigap.

Law terkena paku yang terbuat batu laut yang sanggup ditembakkan. Membuatnya tidak sanggup menggunakan kekuatan buah setannya hingga lepas dari paku tersebut.

Paku dari batu laut ini sanggup jadi merupakan pesanan Hawkins sendiri karena salah satu bentuk senjata khas Hawkins merupakan paku.

Law yang berhasil kabur sadar kalau masalah yang akan mereka hadapi semakin sulit. Aliansi yang rata-rata memiliki petarung dengan kekuatan buah setan pastinya akan kesulitan bila menghadapi paku dari batu laut itu.

Untungnya salah satunya tidak memakan buah setan, ialah Zoro. Sepertinya keinginan para fans bakal melihat Zoro menjadi pahlawan di arc Wano akan semakin menjadi kenyataan.

Wano negara para maestro pengrajin

Sebelumnya kita juga mengetahui kalau poneglif yang terbuat dari batu misterius yang tidak sanggup hancur juga dibuat oleh orang Wano, lebih tepatnya oleh klan Kozuki. Berarti selain memiliki petarung yang kuat, Wano juga memiliki maestro pengrajin.

Ini merupakan bentuk persembahan kepada pengrajin Jepang yang memang terkenal memiliki ketekunan dan keuletan tinggi hingga memiliki keahlian dalam membuat sebuah karya dengan kualitas nomor satu.

4. Kinemon, O-Tsuru dan Ashura Douji

Kinemon berhasil menghindar dari serangan Heat Wave Kaido karena ia ikut turun gunung bersama O-kiku. Ia pun pergi ke kota Okobore bakal melihat istrinya. Walaupun amat mau bertemu dengan sang istri, Kinemon harus menahan keinginan tersebut karena ia masih memiliki misi besar.

Selain itu, pertemuan dini antara keduanya dapat membuat O-Tsuru terlibat dan mengancam keselamatannya.

Kain yang digunakan Kinemon tersebut bernama Hokkamuri. Ini biasanya digunakan oleh karakter pencuri atau karakter yang tidak mau terlihat dalam cerita fiksi sebagai guyonan dan tidak digunakan oleh pencuri asli.

one piece chapter 924 kinemon

Hokkamuri juga “berarti berpura-pura tidak terlihat.” Hampir di setiap film atau anime komedi memperlihatkan sosok pencuri atau ninja dengan kain tersebut.

One Piece chapter 924 akhirnya menjawab pertanyaan para fans mengenai Shutenmaru dan Ashura Douji. Kala mencari O-Tsuru, Kinemon juga melihat Shutenmaru dan memanggilnya dengan nama Ashura Douji, alias anak buah Lord Oden.

Akhirnya teori para fans terjawab telah.

5. Aliansi Ninja-Bajak Laut-Mink-Samurai selamat

Melihat ganasnya serangan Heat Wave pastinya kita amat berharap kalau Nami dan kawan-kawan selamat. One Piece chapter 924 menjawab rasa cemas itu. Mereka selamat berkat kekuatan sang kunoichi veteran, Shino-chan. Kekuatannya mampu membuat semua benda yang disentuhnya menua.

sanji one piece chapter 924

Dengan menyentuh tanah yang mereka pijak, tanah itu menua dan merosot membuat semuanya selamat dari gelombang panas. Sanji pun tampil sebagai pahlawan dengan menyelamatkan para wanita dan meninggalkan para pejantan di dalam lubang tersebut. Sungguh tipikal.

Di lain pihak, Inuarashi yang berada di pantai Kuri, dekat rumah O-tama, berhasil menemukan O-tama yang terluka. Dari penjelasan Inuarashi, sepertinya O-Tama memang terluka cukup parah dan ini membuatnya amat marah.

Spekulasi

Haki dan buah setan di Wano

Karena Ashura Douji hanya menyebut “kekuatan Lord Oden” selagi melihat Haki Luffy, dapat disimpulkan kalau orang Wano tidak tahu dengan istilah Haki. Bahkan petarung kuat seperti Shutenmaru pun hanya menyebutnya “kekuatan.” Bisa jadi ada istilah lain bakal Haki di Wano.

Begitu pula dengan kekuatan buah setan. O-Tsuru yang tercengang melihat tangan Luffy yang melar, kekuatan Lady Toki yang digambarkan seperti kekuatan sihir dan kekuatan Kinemon dan Shino-chan yang mereka sebut “jutsu” atau jurus, menjelaskan kalau warga Wano tidak tahu kalau kekuatan itu berasal dari buah setan. Atau ada istilah lain di Wano bakal buah setan. Ini terjadi karena Wano merupakan negara yang tertutup.

6. Huh!!?

Pertarungan Kaido vs Luffy kemudian tersebar lewat koran dan sampai ke anggota topi jerami yang sedang menyamar di ibu kota. Franky, Robin dan Usopp amat senang selagi mendengar nama Luffy ada di koran tersebut, hingga mereka membacanya.

robin one piece 924

“Huh!!?” merupakan kata yang muncul dari ekspresi kocak mereka selagi membaca koran itu. Bisa jadi, ekspresi jelek ini keluar disebabkan karena mereka tidak mau terlihat mencurigakan dan berpura-pura menahan rasa cemas dan sedih hingga menciptakan ekspresi tersebut. Oda-Sensei amat tega menggambar O-Robi seorang geisha yang anggun dengan tampang tersebut.

Sementara itu, Zoro yang tersesat malah enak-enakan makan sushi di sebuah perahu, kepedasan karena wasabi lebih tepatnya. Sayangnya ia tidak mengeluarkan ekspresi kocak selagi membaca koran.

7. Penjara Kaido dan akhir babak satu arc Wano

Sehari setelah dikalahkan Kaido, Luffy pun sampai di penjara. Penjara itu berada di salah satu pabrik Kaido. Di dalamnya, ada para pekerja mulai dari pandai besi hingga buruh angkat yang dipaksa seperti budak karena hidupnya berada di tangan shogun.

Salah satu sel yang ada diisi oleh tahanan misterius yang diberi makan ikan beracun tetapi masih hidup tanpa keracunan.

Kemudian kita melihat Luffy ditarik dengan tali layaknya seorang tahanan. Diperban dan berjalan sambil gemetar menjelaskan kalau ia terluka parah. Walaupun begitu, tatapan matanya masih bersinar penuh tekad.

Tatapan itu membuat salah satu penjaga mau menyerang Luffy. Sebelum itu terjadi, sebuah tulang ikan menancap di leher penjaga tersebut dan lehernya menyemburkan darah, sadis seperti film-film samurai Jepang.

bahas one piece 924

Tulang itu berasal dari sel tahanan misterius. Tidak mati karena ikan beracun dan mampu menjadikan tulang ikan sebagai senjata membuktikan kalau ia amat kuat.

Luffy pun kemudian dimasukkan ke dalam sel, dan takdir mempertemukannya dengan salah satu rookie yang juga belum tunduk kepada Kaido, ialah Eustass “Captain” Kid.

Dua bajak laut rookie yang kalah dari Yonkou masih memiliki tekad yang kuat. Mereka punya satu tujuan yang sama, ialah membalas kekalahan mereka.

Dengan alunan Samisen dan tirai yang tertutup secara perlahan dihujani kelopak bunga sakura, One Piece Chapter 924 menjadi akhir babak pertama arc Wano. Animenya pasti amat keren!

Oh iya, selagi Zoro membuat masalah di chapter 909, para pemain sasimen juga hadir dengan hujan bunga sakura. Dapat kita simpulkan kalau itu merupakan pembuka dari babak pertama arc Wano.

Spekulasi

Tahanan misterius

Jelas kalau tahanan itu merupakan petarung yang kuat. Namun siapakah dia? One Piece chapter 924 hanya memperlihatkan tatapan matanya dari kegelapan. Mampu jadi ia merupakan salah satu samurai yang dicari Kinemon karena Kaido terkenal memenjarakan orang-orang kuat bakal membuat mereka putus asa dan tunduk kepadanya. Kalau Shutenmaru tertangkap, bisa jadi ia juga akan bernasib sama.

Ada juga spekulasi yang menyebutkan tahanan itu merupakan Magelan karena ia tidak mati sesudah memakan ikab beracun.

“Ha” dan babak pertama arc Wano

Judul One Piece chapter 924 yang berjudul “Ha” merujuk kepada komposisi sebuah karya seni jepang terutama seni pertunjukan yang disebut “Jo-Ha-Kyu”. Jo-Ha-Kyu berarti alur dari sebuah seni pertunjukan. Dimulai dengan lambat, kemudian menjadi cepat dan kemudian berakhir dengan mulus.

Nah, jadi dapat kita simpulkan kalau arc Wano akan memasuki tempo yang lebih cepat. Mulai dari persiapan rencana kinemon, pembebasan Luffy hingga serbuan Onigashima.

Pendekatan penceritaan yang menyerupai seni pertunjukan ini menjawab pertanyaan saya mengenai perubahan kotak dialog yang sewaktu ini digunakan. Sejak memasuki arc Wano kotak dialog dalam manga One Piece berubah menjadi bentuk yang tidak pernah digunakan sebelumnya.

one piece chapter 924 review

Sepertinya Oda-Sensei mengubahnya khusus bakal arc Wano tidak hanya karena arc ini istimewa, tetapi juga karena menggunakan gaya penceritaan seni pertunjukan.

Selain itu, seni pertunjukan Jepang seperti Kabuki rata-rata terdiri dari lima babak. Jadi, mungin arc Wano masih memiliki empat babak tersisa.

Penggunaan konsep Jo-Ha-Kyu dan babak seperti sebuah seni pertunjukkan menjadi sentuhan yang amat keren dari Oda-Sensei. Seolah-olah kita sedang menyaksikan pertunjukan cerita rakyat Jepang.

Itulah pembahasan One Piece chapter 924. bila kamu memiliki spekulasi atau bisa jadi teori mengenai chapter ini, silakan tulis dikolom komentar. Oh iya, mingu depan One Piece istirahat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *