Review Buku Scandalicious Siblings #1 – Drama Keluarga Penuh Masalah

  • Share

“Aku enggak paksa kamu harus pilih kerja kayak aku, kok! Setiap manusia, kan, punya kekuatan buat memilih. Tetapi, pastikan juga kalau kamu punya kekuatan buat bertahan dengan pilihan peribadi kamu.”

Scandalicious Siblings, Halaman 223

Ada banyak pengusaha yang membiarkan anaknya bermandikan limpahan harta kekayaan mereka. Namun hal ini tidak menjadi prinsip hidup Anneta Arjawisesa, seorang pengusaha sejumlah hotel The Classy Arjawuni di beberapa kota di Indonesia. Anneta memiliki 4 orang anak yang sedari kecil cukup puas menikmati kekayaan orang tua mereka ini, mereka yaitu Kendita, Keyman, Arttra, dan Akaca. Hingga suatu hari Anneta dan Tejar, suaminya, memutuskan buat berhenti memenuhi semua kebutuhan anak-anaknya – dari mulai uang jajan bulanan hingga fasilitas penunjang seperti credit card dan mobil – kecuali jikalau keempat anak tersebut mau bekerja sebagai karyawan hotel The Classy Arjawuni sewaktu 4 minggu.

Keputusan tersebut tentu saja ditolak mentah-mentah oleh anak-anak Arjawuni karena berbagai alasan seperti, bukan passion, gengsi, malu, dan sia-sia. Namun, secara perlahan, situasi kehidupan mereka berempat semakin bermasalah dikarenakan tidak adanya uang pegangan seusai seluruh akses fasilitas Arjawuni diberhentikan. Terus, apa yang akan dilakukan oleh Kendi, Key, Arttra, dan Kaca buat menyikapi kesulitan mereka?

Novel Scandalicious Siblings karya Vinca Callista

Sampul depan Scandalicious Siblings #1

Inilah kisah pembuka drama The Arjawuni bersaudara yang akan menghadapi kehidupan baru di hadapan mereka. Novel pertama dari seri Scandalicious Siblings karangan Vinca Callista ini ibarat gerbang menuju seluk beluk kehidupan keluarga Arjawuni, di mana pada novel ini pembaca akan diperkenalkan pada karakter masing-masing orang tua dan juga masing-masing anak. Alur cerita pada novel pertama ini berfokus pada kesulitan-kesulitan yang dihadapi anak-anak Arjawuni sewaktu hidup tanpa fasilitas dari orang tua yang tentu saja membuat mereka mempertimbangkan kembali tawaran sang Mami.

Bakal sebuah novel dengan kategori drama, novel ini memuat unsur drama dengan porsi yang sungguh pas, terasa dramanya namun tidak berlebihan. Drama dalam novel ini juga tidak hanya drama persaudaraan mereka berempat. Ada sedikikit drama percintaan namun tidak mendominasi dan juga porsinya cukup. Novel ini tidak memiliki plot twist, karena resolusi konfliknya mampu dengan mudah ditebak, namun kealpaan plot twist itu tidak akan membuat pembaca merasa bosan karena Vinca membuat narasi menuju resolusi cerita dengan menarik sehingga sungguh mempertahankan mood dan emosi pembaca.

Novel ini memiliki ide cerita yang unik dan baru jikalau dibandingkan dengan novel kontemporer lainnya. Vinca dengan sungguh halus menyertakan hal-ihwal seputar industri kreatif yang sedang digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Novel ini terkesan dibuat oleh Vinca dengan sungguh bersemangat, mampu dilihat dari unsur-unsur industri kreatif yang disertakannya merupakan hal-hal yang juga digeluti dan disenangi Vinca, yakni perfilman, musik, dan penggunaan new media. Novel ini mampu memberi sedikit insight dan ilmu seputar industri kreatif dengan adanya istilah-istilah dan penjelasan-penjelasan yang diselipkan pada dialog-dialog para tokoh.

review Novel Scandalicious Siblings karya Vinca Callista

Vinca Callista penulis novel Scandalicious Siblings #1

Masing-masing anak digambarkan dengan karakteristik dan sifat yang cukup detail – meskipun pada novel pertama ini lebih fokus pada Key dan Arttra – sehingga pembaca dengan sungguh mudah mengenali dan merasa dekat dengan sosok mereka. Saya rasa tokoh yang menjadi fokus utama pada novel pertama ini yaitu Arttra Arjawuni yang secara tidak langsung menjadi pioneer buat membujuk ketiga saudaranya biar mau bekerja di hotel The Classy Arjawuni.

Buku pertama seri Scandalicious Siblings ini meninggalkan misteri yang belum terpecahkan, yakni adanya seorang tokoh narator yang acap muncul dalam momen-momen tertentu dengan penarasian via sudut pandang orang pertama meskipun sebagian besar novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga. Tokoh yang rajin mengalamatkan dirinya dengan sebutan “aku” tersebut belum diungkap identitasnya hingga akhir novel ini. Vinca via akun Instagram-nya juga menyebutkan bahwa sebenarnya ada “bentuk lain” dari cerita Scandalicious Siblings ini. Siapa tokoh misterius tersebut dan apa yang dimaksud dengan “bentuk lain” bisa jadi akan kita dapatkan petunjuknya pada buku kedua dan ketiga dari seri Scandalicious Siblings ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *