Bahas One Piece Chapter 914 – Pentingnya Kekuatan O-Tama

  • Share

Tulisan ini berisi spoiler One Piece Chapter 914

One Piece chapter 914 akhirnya dirilis setelah minggu kemaren istirahat karena majalah Shounen Jump sedang break. Chapter terbaru One Piece ini tidak langsung dibuka dengan kemunculan bajak laut Hati yang telah ditampilkan di one piece 913. Chapter ini dibuka masih dengan cerita pengobatan O-Tama.

Bahas One Piece chapter 914

Ada banyak hal menarik di One Piece chapter 914, mulai dari jati diri O-Kiku, nama Wano Luffy, hingga kemunculan Headliner Kaido yang belum kita saksikan sebelumnya. Sayangnya di chapter terbaru One Piece ini kita tidak melihat Zoro membahas Nidai Kitetsu yang dipinjam paksa oleh Luffy.

Langsung saja yuk kita simak pembahasan One Piece 914 yang berjudul “Okobore, Kota Sisa.”

1. Luffy dan Zoro di kedai teh O-Tsuru

Kedai teh milik O-Tsuru terletak di kota Okobore yang juga tandus seperti Wasteland. Kedai teh ini dibangung dengan gaya kuno bangunan Jepang di mana atapnya yang terbuat dari kayu ditahan dengan Batu.

bahas one piece chapter 914 review

Di depan kedainya juga ada lambang bangau menyerupai lambang klan Kozuki. Mungkin lambang bangau ini bisa bebas digunakan asal tidak di ibu kota.

Di kedai teh ini, O-Tama berhasil sembuh dengan sangat cepat setelah diobati dengan ramuan herbal rumput Jyagan. Namun menurut O-Tsuru, racun tersebut masih ada di dalam tubuh O-Tama dan ia akan baik-baik saja asalkan tidak meminum air sungai beracun itu lagi.

Tapi bunyi perut keroncongan O-Tama melukai harga dirinya sebagai seorang prajurit dan ia langsung ingin meminum air sungai itu lagi untuk menahan rasa laparnya. Seperti semua karakter One Piece yang selalu memiliki paling tidak satu sifat kocak, tampaknya gengsi seorang prajurit adalah sifat unik dari O-Tama.

2. O-Kiku yang misterius

Urashima si pesumo tidak menampakkan batang hidungnya di One Piece chapter 914 ini. Menurut O-Kiku, ia pergi karena kedatangan Luffy dan Zoro. Di sini terlihat kalau hubungan O-Kiku dan Urashima jelas bukanlah pasangan yang terhalang status sosial karena menurut O-Kiku, Urashima mengganggunya.

teori okiku one piece

Postur tubuh O-Kiku yang telah kita lihat di chapter sebelumnya ternyata sangat jauh dari ekspektasi. Ia adalah seorang wanita yang sangat besar. Ini membuat Zoro sangat terkejut sedangkan Luffy langsung membandingkannya dengan Big Mom. Mentang-mentang sudah pernah bertarung melawan Big Mom.

Uniknya lagi, O-Kiku memperkenalkan dirinya kepada Luffy dan Zoro dengan gaya seorang samurai pria memperkenalkan diri mereka.

Jujur awalnya saya mengganggap kalau O-Kiku adalah seorang Okama. Selain karena menggunakan gaya bicara seorang samurai pria dan memiliki postur tubuh yang besar, desain karakter O-Kiku juga kurang, ehm, menonjol, berbeda dari tipikal desain karakter wanita cantik di One Piece.

3. Hari ulang tahun terbaik O-Tama

Sang calon Kunoichi sangat gengsian dan tidak mau berhutang budi terlalu banyak kepada O-Tsuru. Untungnya, gengsi O-Tama yang sangat tinggi akhirnya takluk dan si gadis kecil pun mau memakan makanan yang dihidangkan.

bahas one piece

O-Tama adalah gadis cilik miskin yang bergantung dari penjualan topi bambu. Ia pun hanya bisa makan nasi sekali dalam dua tahun. Bahkan mochi yang ada di makanan itu adalah makanan mewah baginya. Makanan yang dihidangkan O-Tsuru membuatnya sangat senang dan bersyukur. One Piece chapter 914 adalah hari ulang tahun terbaik O-Tama.

Di chapter ini kita juga sedikit belajar tentang kemampuan buah setan milik O-Tama. Sambil menggoyang-goyangkan kakinya, O-Tama yang bahagia menyebutkan kalau Mochi yang bisa ia cabut dari pipinya tidak membuat kenyang.

Setelah makan dengan bahagia, O-Tama ketiduran dipangkuan O-Kiku.  O-Tsuru pun menceritakan realita tentang kemiskinan di Wano. Menurutnya anak kecil yang kelaparan adalah hal yang biasa di negeri samurai tersebut. Semuanya terjadi karena kontaminasi pabrik Kaido dan Shogun.

4. Saya adalah Luffy-Taro….Gozaru

Ya, akhirnya kapten kita mendapatkan nama “Jepang”-nya. Dengan meniru gaya samurai, Luffy menyebut namanya sebagai Luffy-Taro dan nama itu diberikan oleh seorang ronin bernama Zoro-Juro. Sayangnya Luffy belum mendapatkan status pekerjaannya, seperti Zoro-Juro (Ronin), O-Robi (Geisha), Frano-Suke (tukang kayu), dan Uso-Hachi (pedagang minyak katak). Tentunya kita juga tidak sabar untuk mengetahui nama Wano dari kru Topi Jerami yang lain.

nama luffy di wano

O-Tsuru langsung mengetahui kalau Zoro dan Luffy adalah orang asing karena terlihat jelas dari gaya bahasa “-gozaru” Luffy yang dibuat-buat. Menurut O-Tsuru orang asing sangat sulit untuk memasuki negara tertutup seperti Wano dan pernyataannya tentang tidak akan melaporkan Luffy dan Zoro ke petugas menjelaskan kalau orang asing juga dilarang masuk tanpa izin.

5. Okobore kota sisa

O-Tsuru mengaku kalau ia dan O-kiku adalah orang baru di kota Okobore, tapi anehnya ia telah memiliki sebuah kedai teh. O-Tsuru pun menjelaskan kenapa kota Okobore disebut dengan kota sisa. Yang pertama karena para penduduknya adalah orang buangan atau “sisa” dari kota besar tempat pemerintahan. Yang kedua karena mereka hanya bisa mendapatkan bahan makanan sisa atau busuk dari kota.

one piece chapter 914

O-Tsuru juga menceritakan kalau lebih dari 20 tahun yang lalu masyarakat Kuri sangat bahagia dan bisa memakan makanan lezat, menikmati pakaian dan air bersih berkat perkebungan yang luas di sekitar kastil Oden milik klan Kozuki. Semua berubah setelah serangan Kaido dan Shogun. Ajaibnya Luffy lupa apa itu “Oden” yang merupakan alasan kenapa ia membentuk aliansi Ninja-Bajak Laut-Mink-Samurai.

O-Tsuru menyebutkan kalau dibalik Torii raksasa terdapat sebuah kota tempat petugas pemerintahan berada. Torii adalah sebuah gerbang kuno di Jepang yang biasanya ditemukan di kuil Shinto, sama halnya dengan patung Komainu.

torii komainu One Piece

Via Ambassador Japan

Uniknya, di One Piece Oda-Sensei menempatkan Komainu dan Torii sama-sama di pintu masuk. Komainu yang dekat dengan O-Tama pertama kali muncul di pintu masuk Wano tepatnya di pantai daerah Kuri sedangkan Torii menjadi sebuah gerbang masuk ke sebuah kota besar.

6. Serangan Gifters

Cerita O-Tsuru tiba-tiba diganggu oleh serangan panah dari Gifters, pasukan Kaido yang menggunakan Smile produksi pabrik milik Doflamingo. Gifters itu disebut Batman (Iya, Batman!) dan Gazelleman.

Batman menggunakan Smile yang memberinya kemampuan kelelawar, bisa terbang dan indra pendengarnya menjadi sangat tajam. Sedangkan Gazelleman menggunakan Smile jenis rusa yang memberikannya kemampuan berlari kencang.

Batman (aneh rasanya menyebut Batman di One Piece) mengaku kalau ia sedang memburu pencuri yang mencuri di perkebunan pada beberapa minggu yang lalu. Karena tim Luffy baru datang, bisa jadi pelakunya adalah anggota aliansi Ninja-Bajak Laut-Mink-Samurai yang lain.

Nah, “Idaten” yang merupakan nama Gazelleman mengingatkan kepada “Iida” di serial Boku no Hero Academia. Selain kemiripan nama, mereka berdua sama-sama bisa berlari dengan sangat kencang, kecuali Iida-kun tidak memakai stoking jaring-jaring, tentu saja.

Gazelleman memanfaatkan kecepatan larinya untuk menculik O-Tama ketika Luffy dan Zoro terlalu fokus menghadapi Batman. Anehnya lagi Haki observasi milik Luffy tidak bisa memprediksi serangan Gazelleman. Mungkin Luffy terlalu lengah.

7. O-Kiku sang samurai

O-Kiku langsung mengambil katana dan menunggangi Komainu untuk mengejar Gazelleman. Luffy dan Zoro pun ikut denganya. Menurut Zoro, penculikan O-Tama telah direncanakan.

okiku mengikat rambut

O-Kiku ternyata bukan pelayan kedai kopi biasa. Sambil mengikat rambutnya (salah satu momen keren di One Piece chapter 914), O-Kiku menyebut dirinya sebagai seorang samurai, tetap dengan gaya bicara samurai pria. Gaya bicara ini bisa jadi hanyalah sifat khas karakter O-Kiku.

Gazelleman yang berlari menuju distrik Bakura melapor kepada Headliner-nya, Holdem. Dari pembicaraan mereka tampaknya Holdem berencana untuk memanfaatkan kemampuan buah setan O-Tama.

holdem one piece pembahasan teori

Karakter Holdem yang hanya diperlihatkan wajah sampingnya terlihat seperti macan. Apakah ia berasal dari suku Mink atau mungkin pemakan buah setan?

Spekulasi:

O-Kiku adalah salah satu samurai yang ingin dikumpulkan Kinemon

Spekulasi ini bisa dijelaskan dari catatan yang dimiliki O-Kiku. Catatan itu berisi data pasukan Kaido di distrik Bakura, diantaranya adalah Headliner Hawkins, Holdem dan Speed. Lalu data 30 orang pemakan buah setan buatan. Catatan seperti itu sangat cocok digunakan untuk membuat rencana menggulingkan Shogun dan Kaido. Selain itu O-Kiku juga disebut memiliki kemampuan memakai pedang.

Pentingnya kekuatan O-Tama

Dalam arc Wano, kita telah melihat kalau ada banyak makhluk menakjubkan di negara Wano, mulai dari Baboon yang memakai katana, Komainu, hingga Kirin rusa yang ditunggangi Hawkins. Bukan tidak mungkin kalau masih ada makhluk ajaib yang ada di Wano dan kali ini makhluk itu sangat kuat sehingga Headliner Holdem membutuhkan kekuatan O-Tama untuk menjinakkannya.

8. Bajak Laut Hati bergerak!

Lagi-lagi Bajak Laut Hati muncul di halaman terakhir. Mereka bersembunyi di puncak gunung bekas tempat kastil Oden.

oden castle one piece

Mendengar laporan Bepo, Law langsung panik karena ia yakin Luffy dan Zoro pasti akan membuat kekacauan.

law luffy zoro

Tidak ada jaminan kalau Luffy dan Zoro tidak akan membuat keributan. Terlebih lagi duo monster Bajak Laut Topi Jerami itu juga tampak tersenyum ketika mamasuki distrik Bakura tempat musuh berada, menunjukkan kalau mereka sudah tidak sabar untuk “mengacau”.

Nah itulah pembahasan One Piece Chapter 914. Jika kamu memiliki spekulasi atau mungkin teori tentang chapter ini, silakan tulis di kolom komentar, ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *