Review Film Ocean’s 8 – Wanita Berhasil Mengambil Alih Franchise Ocean’s Walau Tidak Sebaik Pendahulunya

  • Share

Alih-alih menjadi film gender swap yang tersendiri, ternyata Ocean’s 8 merupakan spin-off yang memiliki hubungan dengan trilogi Ocean’s. Walaupun begitu, tetap saja film ini terasa hanya seperti film Ocean’s 11 versi wanita karena Gary Ross selaku sutradara dan penulis tampak terlalu berhati-hati bakal melakukan sesuatu yang berbeda dari pendahulunya.

Di awal film kita melihat Debbie Ocean (Sandra Bullock) yang merupakan adik dari Danny Ocean (George Clooney) yang baru saja keluar dari penjara dan langsung mencari teman lamanya Lou (Cate Blanchett) bakal melaksanakan rencana pencurian yang sudah ia siapkan semasa lima tahun dalam penjara.

Review Film Ocean's 8

Cate Blanchett dan Sandra Bullock di Ocean’s 8, Via YouTube

Debbie dibantu oleh teman-temannya, Amita (Mindy Kaling) seorang pedagang perhiasan, Tammy (Sarah Paulson) ibu rumah tangga mantan penadah, Nine Ball (Rihanna) hacker gimbal, Rose Weil (Helena Bonham Carter) desainer veteran yang banyak hutang, dan Constance (Awkwafina) seorang pencopet handal.

Para wanita ini berencana mencuri kalung permata seharga USD$150 juta dengan memanipulasi Daphne Kluger (Anne Hathaway), seorang aktris Hollywood bakal memakai kalung tersebut di acara Met Gala, tempat pencurian akan dilakukan. Walaupun Gary Ross dibantu oleh Olivia Milch sebagai co-writer, pemilihan cerita ini seperti menggambarkan stereotip wanita yang kerap perihal perhiasan berkilau dan fashion brand ternama.

Review Film Ocean's 8

Ocean’s 8, Via Us Weekly

Para cast bertabur bintang ini tampil dengan apik memerankan karakter masing-masing. Sandra Bullock memerankan ketua dan otak dari pencurian ini dengan gayanya sendiri yang berbeda dari George Clooney.

Lou, yang mengingatkan pada Rusty Ryan (Brad Pitt) yang juga berambut pirang dan berperan sebagai wakil ketua di trilogi Ocean’s diperankan dengan apik oleh Cate Blanchett dan terasa jauh lebih keren dengan gayanya yang Rock n Roll.

Namun Anne Hataway dapat dibilang menjadi bintang yang bersinar dengan memerankan Daphne Kluger seorang aktris Hollywood self-centered yang kerap menampilkan adegan lucu yang berani. Sialnya sang aktris tidak mendapatkan durasi tayang yang cukup banyak.

Review Film Ocean's 8

Anne Hathaway di Ocean’s 8, Via Entertanment Tonight

Tokoh utama yang semuanya perempuan memang terasa menjadi kelebihan dan daya tarik dari film ini. Namun, sebagai spin-off dengan cast bertabur bintang, Ocean’s 8 terasa terlalu berhati-hati seperti mengikuti buku teks pendahulunya.

Film ini menyuguhkan adegan perekrutan para anggota, penjelasan perihal rencana, masalah yang tiba-tiba menganggu, dan tentu saja motif dari pencurian. Semua adegan ini ditampilkan dengan iringan musik yang catchy dan selipan cameo banyak artis Hollyowood, khas gaya tiga film pendahulunya.

Walaupun relatif sama dengan tiga film Ocean’s sebelumnya, hal ini tidak terlalu mengganggu karena Ocean’s 8 berhasil menampilkan film heist yang menghibur dan mendebarkan. Hanya saja sebagai film komedi heist, ritme adegan lucu di film ini tidak konsisten sehingga ada beberapa adegan yang agak draggy.

Sutradara: Gary Ross

Screenplay: Gary RossOlivia Milch

Cast: Sandra BullockCate BlanchettAnne HathawayMindy KalingSarah PaulsonAwkwafinaRihannaHelena Bonham Carter

Rating

Kesimpulan

Film ini berhasil menampilkan cerita heist yang menghibur dan mendebarkan. Namun sebagai spin-off bertabur bintang yang diperankan oleh wanita, film ini terasa terlalu berhati-hati dan mengikuti buku teks pendahulunya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *